Langsung ke konten utama

BACKPACKER VIETNAM - KAMBOJA - THAILAND .. DIMULAAAIII...

3 COUNTRY - 7DAYS. part1

its about journey, real backpacker. saat semua orang bilang tidak mungkin, saya membuktikan 3 negara Indocina dalam 7 hari DAN SAYA BISA.

awalnya rencana perjalanan 3 negara - 7 hari akan diikuti 4 perempuan, tiket sudah disiapkan, hostel dan guesthouse sudah di booking. tapi 2 minggu sebelum keberangkatan 2 orang teman ga bisa ikut karena tidak dapat cuti =( . akhirnya saya memberanikan diri untuk tetap jalan, saya yang urus semua dari research sampe booking karena partner saya 'parah' dalam segala perencanaan, hehehe

tujuan : 1. ho chi minh city, tapi saya lebih suka menyebut saigon
            2. siem riep (angkor wat temple complex)
            3. phnom pehn
            4. bangkok city

waktu : tgl 20 - 27 maret 2012

tokoh utama : saya sendiri dan kiki (teman kosan di bintaro)

bawa 1 ransel dauter 26liter (lolos bagasi), satu ransel kecil untuk naro barang2 yang sering dipakai.
bawa uang 340$, 1000 bath untuk 3 negara.
(lebih baik bawa dollar amerika karena negara-negara tersebut tidak menerima penukaran ruipiah, kalopun ada nilai tukernya merugikan)

KEBERANGKATAN
selasa, 20 maret 2012

akhirnya hari yang tunggu tiba, saya bertemu dengan kiki di bintaro karena saat ini kiki tinggal di jambi. berangkat jam 2 siang karena pesawat AIR ASIA dari JKT-HCMN flight jam 16.40 dengan prediksi sampai sana jam 19.20.

untuk pertama kali naik pesawat dari terminal 3 soekarno hatta jauh lebih teratur dibanding terminal lainnya, kebetulan saya udah self check in semua dari pergi hingga berangkat jd ga perlu antri di counter check - in.
begitu sampai langsung menuju keberangkatan dan isi kartu keberangkatan yang didapat di counter AA, karena ga beli bagasi maka harus pasang muka stay cool padahal tas ransel lumayan berat. pesawat terbang tepat waktu dan alhamdulilllah cuaca cerah =) dan untungnya sudah pre booking meal jadi lumayan ngirit ga perlu makan malam di ho chi minh.

kami sampai di airport internasional ho chi minh 10 menit lebih awal, (tidak ada perbedaan waktu antara jakarta - ho chi minh) airport sangat OK dan bagus, papan petunjuk jelas dan ga ribet. begitu sampai langsung ke imigrasi, karena ASEAN sudah free visa jadi ga perlu pake visa atau VOA. muka petugas imigrasinya dingin banget, khas vietkong hehe. lumayan lama karena mereka detail bgt buat menganalisa muka saya yg saya akui beda antara foto dan pasport.

setelah selesai imigrasi, langsung ikuti arah keluar, dan langsung nemu counter pemesanan taksi dan money changer. saat itu nilai tuker 1$ 20.780 dong, mendadak kaya..saya hanya tuker 45 $ (jadi 935,100 dong)  krn untuk pembayaran hostel dan tur disini menggunakan dollar amerika.

setelah nuker uang saya langsung pesen taksi VINASUN yang direkomendasikan sama pak sugeng (sumber informasi saya, kebetulan beliau tinggal di ho chi minh, jadi sumber lokal terpercaya) buat menuju penginapan di daerah distrik 1, langsung dikasih harga 170.000 dong dan ga bisa ditawar. alamat penginapan sudah saya tulis untuk diserahkan ke petugas taksi di counter, krn supir taksi di ho chi minh ga bisa bahasa inggris jadi petugas itu yang nerjemahin ke supir taksinya.

perjalanan dari airport ke penginapan 30 menit, taksi yang nganter modelnya mobil innova, jadi lega dalamnya..sepanjang perjalanan ngeledekin supir taksi yang sepanjang perjalanan cemburut mulu..kapan lagi ngata-ngatain orang langsung di depan orangnya hahahaha

sampailah kawasan Pham Ngu Lao St, salah satu kawasan backpacker di ho chi minh, supir taksi langsung menunjukan guesthouse yang udah di booking dengan bahasa tarsannya NgocThao GuestHouse yang letaknya sangat dekat dengan jalan utama, walau agak masuk gang sedikit sih.

saya udah booking via hostelworld, karena ber2 saya pilih kamar private dengan kamar mandi dalam untuk 2 orang. di ho chi minh itungan sewa kamar perorang bukan perkamar. fasiltas mantap free wifi, free breakfast, air minum-teh-kopi bebas minum merdeka!!

setelah check-in dan dikasih petujuk peta sama ms. ngoc yang baik hati dan ramah diantarlah kami ke kamar, bersih lengkap dan yang paling penting WIFI lancar jaya..

akhirnya hari pertama ditutup dengan tidur nyenyak di kamar yang nyaman..siapin tenaga untuk explore ho chi minh city..BTW senang akhirnya sampai di saigon hehehe

pengeluaran:
taksi bintaro - bandara : Rp 140.000/2 = Rp. 70.000
airport tax internasional : Rp. 150. 000
taksi VINASUN : 170.000 dong/2 : 85.000 dong
penginapan 3 malam : 11,5 $ permalam/org x 3 hari : 34,5 $
TOTAL : 85.000 dong/ 1$ 20.780 = 4, 1$ + 34,5$ =47,6 $ x Rp 9.225 = Rp 439.110 + Rp. 220.000

PENGELUARAN Rp. 659.200 ,-

1. Part selanjutnya mana ? Waktu itu dapet tiket jakarta harga berapa sist? Saya ada rencana 3negara dalam 7 hari juga sist,... cuma 1ransel sist? Buat 7hari? Bawa apa aja? Sist disana ada laundyan gak sih ! Mhon pencerahan, thank you

Postingan populer dari blog ini

FINALLY.. COLDPLAY CONCERT!!!!

akhirnya bisa nonton coldplay konser secara langsung tanpa youtube!! Jumat, 31 Maret 2017 menjadi salah satu hari special dalam hidup saya.. akhirnya saya bisa penuhi salah satu impian saya yaitu NONTON KONSER COLDPLAY secara langsung!!! AAAHHHH GILAA, AMAZINGLAAAH rasanya... bener-bener sesuai harga dan perjuangan untuk bisa dapat tiket konser ini. XXXX saya dapet tiketnya sejak bulan november, 2 kali online ga juga dapet tiket. akhirnya nyerah dan nitip temen baik yaitu kak chris yang sama-sama berjuang! dan voilaaa.. dapet deh tiket 1 tiket untuk petunjukan tambahan di singapore di tanggal 31 maret 2017 yang justru menjadi pertunjukkan pertama mereka di asia. tiket kelas CAT 2 seharga S$ 168 atau 1,6jt.. hehehe agak gila sih saya rela bobol tabungan ke jepang. setelah tiket didapat PRnya lagi tiket pesawat ke singapura, otomatis ditanggal itu pasti jadi mahal banget. tiap hari pantengin traveloka, harga tiket air asia/jet star yang bisanya murah meriah mendadak

SELAMAT TINGGAL LABUAN BAJO.. WELCOME TO BALI

MINGGU, 1 MEI 2016 rencana tak terduga. ini ga sesuai rencana.. jadilah kami mampir ke bali.. padahal sempet lho sesumbar buat ga ke bali hehehe sebelum meninggalkan labuan bajo saya bangun pagi dan "dapet tamu bulanan" untung dapetnya sekarang coba dapetnya pas ketemu komodo ga kebayang horornya.. selesai mandi, saya menyusuri jalanan labuan bajo yang udah mulai ramai menuju pasar dan pelabuhan.. seru banget liat aktifitas masyarakatnya, setelah beli kopi buat oleh-oleh di pasar swalayan lanjut cari sarapan nasi berupa nasi kuning depan polsek labuan seharga 10.000.  kembali ke penginapan, rhena bangun dan ngajak beli sarapan lagi.. roti gratis dari penginapan ga nampol buat perut saya. jam 10 pagi check out dan ngojek menuju bandara, kali ini kami naik kalstar buat menuju denpasar.. jam 1 siang kami sampai di denpasar.. pesen gojek untuk menuju hotel SENSE di sunset road seminyak yang kami booking melalui booking.com, dapet harga bagus.. hotel bintang 4 cu

TRAVELING (ALA RANGGA) DI LABUAN BAJO DAY 2

DAY 2, JUMAT 29 APRIL2016 mari bangun pagi dan mulailah pelayaran hehehe.. sebelum check out sarapan dulu, sarapannya oke bgt.. dilayani dengan baik. tersedia teh dan kopi, roti plus pancake setelah check out langsung menuju kantor tur, disana udah ada 2 bule yang nantinya akan jadi teman penjelajahan.. oiya disini titip dulu barang-barang yang (sepertinya) ga dibutuhin di kapal ditengah jalan mau di pelabuhan ada lagi 2 bule yang gabung jadi total ada 7 orang  + 2 crew kapal langsung berkenalan ada sang nahkoda pak ahmad, fian sang juru masak, pasangan dari belanda renata dan cowonya (lupa namanya), suami - istri yang lagi honeymoon federica (italy) dan benny (jerman) dan kakek2 dari rusia kalo begini jadi inget suami dirumah.. hehehe kapal berukuran sedang dengan 1 kamar dan dek atas.. setelah basa-basi berkenalan kami semua sibuk sendiri menikmati pelayaran pasangan italy jerman cukup cool untuk tidak pamer kemesraan tapi pasangan belanda PDA all the time..  nain ma