Langsung ke konten utama

BACKPACKER VIETNAM part1.

3 COUNTRY - 7DAYS. part2


HARI PERTAMA
Rabu, 21 Maret 2012

setelah kumpulin tenaga dan tidur nyenyak dikamar yang nyaman, saatnya memulai perjalanan. hari ini saatnya EXPLORE HO CHI MINH CITY. bangun jam 6 pagi, siap2 dan pesen sarapan. saya pesen bread and eggs, penampakan rotinya ala perancis banget, maklum vietnam kan bekas jajahan perancis.

sebelumnya saya dan kiki booking tur untuk besok + bis untuk ke siem riep. ada pilihan tur antara ke cho dai temple+chu chi tunnel (8$) atau 1day mekong delta tur (10$), setelah ditimbang mana yg lebih untung dipilihnya 1day mekong delta tur (10$) yang lebih menguntungkan.

berbekal peta dan air renfill dari penginapan, saya dan kiki memulai perjalanan keliling kota jam 08.45, sambil berjalan kaki keadaan cuaca hari itu lumayan adem, jalanan di kota ho chi minh tidak terlalu ramai, troatoar sangat memadai untuk pejalan kaki, lebar dan yang penting ga ada pedagan kaki lima =). ditambah lagi taman kota dimana-mana dan pohon-pohon teduh dimana-mana. musuh utama di jalanan ho chi minh cuma motor-motor yang ga punya pri kemanusian saat ada MANUSIA nyebarang --____-- !!

pemberhentian pertama :
  • REUNIFICATION PALACE, tiket masuk 30.000 dong, buka jam 09.00 - 11.30 & 13.00 - 15.30
untuk menuju kesana dari penginapan di daerah Pham Ngu Lao St jalan ke arah ben thanh market, lurus terus sampai perempatan kedua belok kiri dan lurus terus dan akhirnya sampailah ke reunification palace.

reunification palace adalah lokasi/gedung bersejarah dimana pengabungan vietnam selatan dan utara dilakukan disini.

didalamnya ada banyak ruangan-ruangan pertemuan, ada tur gratis setiap jam 10.00 dan 10.30, kalaupun ga dapet tur gratisnya bisa curi denger dari guide yg banyak di sewa para bule..hehehe

sebenernya dibelakang reunification palace ada war museum, tapi berhubung kiki ga mau kesana akhirnya setelah muter-muter gedung 1,5 jam diputuskan meninggalkan lokasi.

break time
jam menunjukan jam 11 siang, diputuskan ngadem di taman kota terawat dan adem persis di depan reunification. sambil ngadem mengamati lokasi sekitar, ada sebuah restoran yang rame banget, banyak penduduk lokal yang makan siang disana. nama cafenya WINDOW CAFE. daripada penasaran akhirnya diputuskan makan siang disana. tempatnya oke,design cafenya keren cuma pemilihan musiknya ga banget, masa' tengah hari bolong masang musik ajeb-ajeb. untuk harga makanan dan minuman antara 50.000 - 95.000 dong. free teh tawar dingin.

saat nanya pelayan ada halal food atau engga, ternyata mas-mas pelayannya ga ngerti bahasa inggris (emang sih sesuai petuah pak sugeng kebanyakan orang vietnam bahasa inggrisnya kacruut). setelah sang manajer cafe turun tangan disarankan ambil menu vegtarian. saya pilih vegetarian fried rice dan kiki pilih vietnam conge. setelah perut kenyang dan hati senang, maka di tengah cuaca yang mulai mendung kembali melanjutkan perjalanan ke katedral yang ga jauh dari reunification palace tadi. bangunan dengan bata merah udah keliatan dari kejauhan =)

pemberhentian kedua :
  • CATEDRAL HO CHI MINH (gratis, buka jam 15.00 - 18.00)
adalah salah satu bangunan peninggalan perancis di ho chi minh, masih sangat terawat dan didepan catedral berdiri patung bunda maria.
banyak yang menjadikan catedral ini tempat foto pre-wedding.

karena saat ini hari masih siang maka diputuskan sore nanti akan balik ke catedral untuk liat isi dalamnya. lagi asik foto-foto ujan mulai turun, kebetulan di samping kiri catedral ada kantor pos ho chi minh, akhirnya diputuskan berteduh disana sambil liat-liat isinya.

pemberhentian ketiga :
  • POST OFFICE HO CHI MINH CITY (gratis)
kantor pos kota ho chi minh adalah salah satu peninggalan perancis, sampai saat ini masih berfungsi dengan baik, sebagai negara komunis kegiatan pengiriman berpusat di kantor ini. selain itu banyak wisatawan asing menjadikan tempat ini untuk mengirimkan kartu pos ke negara asal. kerena dijadikan lokasi kunjungan wisata, di sini juga dijual cendramata/oleh-oleh khas vietnam. bagi yang malas menawar di pasar, toko-toko di dalam kantor pos ini bisa jadi alternatif tempat belanja karena harga sama saja dengan harga di pasar (setelah di tawar).

lanjut ke cerita saya, hujan turun lumayan deras dan lama, saya jadikan waktu nunggu untuk bikin alokasi dana perjalanan sama kiki..hehehe 

setelah hujan reda, kembali buka peta. ditentukan perjalanan selanjutnya menuju opera house yang kalo liat di peta ga jauh dari post office. berjalan lurus dari arah catedral lewat daerah elitnya ho chi minh, sejauh mata memandang (alaaah bahasanya) banyak mall gede (kayaknya sencinya ho chi minh deh) cafe, hotel-hotel elit yang ga sanggup di masuki hehehe, akhirnya sampelah di opera house

pemberhentian keempat :
  • OPERA HOUSE (masuk bayar buat liat pertunjukan, jadi foto aja di depannya sebagai bukti hehe)
inilah penampakan opera housenya, kereeeen ya..
tapi sayang ga bisa masuk ke dalem kecuali beli tiket  buat nonton konser, jadi cuma foto-foto aja di sebrang jalan =)

naah saat lagi foto-foto mendadak saya inget kalo ada landmark wajib di saigon, city hall yang ada patung paman ho.

di peta yang didapet di penginapan ga tertulis city hall, akhirnya diputuskan buat tanya polisi pariwisata yang ada di dekat halte opera house, dengan bahasa inggris yang lebih parah dari saya akhirnya tau juga dimana letaknya, ternyata ooh ternyata letaknya satu blok dari opera house, jalan kaki bentar langsung sampeeee.....

 eeettsss, sebentar-sebentarnya saya nemuin HOTEL REX, salah satu hotel bintang 5 paling terkenal di ho chi minh, langsung deh foto dari kejauhan, aalaaahh motor-motor menganggu foto saya ya, hehehe. letak hotel REX sendiri ada di sebelah kanan city hall.



pemberhentian kelima :
  • CITY HALL + UNCLE HO FIGURE
kondisi jalanan yang becek dan banyak ojek, bikin perjuangan nyebrang ke city hall luar biasa berat, sempat nyaris di tabrak bis akhirnya sampai juga di depan patung paman ho, panggilan sayang pahlawan vietnam tersebut. city hall seperti kantor pemerintahan gitu, di sepanjang jalan banyak pos-pos tentara yang berjaga, pengennya sih dapet langit biru biar fotonya bagus, tapi sayang awan mendung malah makin menebal =(

waktu masih menunjukkan jam 2 siang, dan catedral belum juga buka padahal pengen dan penasaran banget liat dalemnya. akhirnya diputuskan untuk cari tempat transit dan diputuskan untuk melimpir ke revolution museum yang jaraknya 1 blok di kanan city hall.

pemberhentian keenam :
  • REVOLUTION MUSEUM tiket masuk 15.000 dong
dari depan museumnya terlihat menarik, tapi begitu masuk yaaa gitu deh, sempet nyesel masuk ke dalam lumayan 15.000 dong buat jajan hehehe..

didalem museum ada semacam diorama vietnam dari masa-masa, sepi bgt museumnya dan malah banyak dijadiin foto pre-wedding. tapi ada hal yang menarik saya yaitu lantainya yg bermotif bagus-bagus.

rasa nyesel mendadak hilang jadi rasa bersyukur, karena mendadak hujan turun deras hehehe, sambil ngeliatin yang foto pre-wedding nunggu hujan reda.
setelah hujan agak reda dan waktu menunjukkan jam 3 sore langsung deh menuju catedral =) yang alhamdulillah udah buka, dan emang bangunan dalam catedralnya kereen banget.. setelah puas menikmati catedral dan hari udah sore diputuskan cari tempat makan untuk makan PHO, makanan khas vietnam sebelum kembali ke penginapan.

berbekal info di internet PHO 2000 ada disekitar ben thanh market, sebelum kesana sempetin masuk ke ben thanh market, pasar terkenal di ho chi minh. tapi untuk cari oleh-oleh saya ga rekomendasiin. MAHAAAL ngt dan susah ditawar!

pemberhentian ke tujuh :
  • MAKAN PHO DI PHO 2000 
rasanya ada yang kurang kalo ke vietnam belom makan pho dengan rasa asli, sebenernya banyak restoran pho disana tapi yang paling terkenal adalah PHO 2000, restoran ini bisa terkenal karena presiden Bill Chilton pernah makan disini. letaknya di pojokan sebelah kanan ben thanh market. ga cuma menyediakan pho tapi juga ada menu-menu lain. harga makanan disini antara 50.000 - 80.000 dong. karena ga menyediakan halal food jadi saya pilih vegetarian food dan kiki pilih chiken pho.

saya udah pernah makan pho dijakarta sebelumnya tapi rasanya bener-bener beda dengan pho aslinya, porsinya yang banyak bikin saya ga ngabisin phonya, aduuuhh bikin mubazir ya saya =(. setelah makan diputuskan untuk kembali ke penginapan, karena rencananya nanti malam mau ke pasar malam yang ada di sebelah ben thanh market.

pemberhentian ke delapan :
  • NIGHT MARKET ; buka jam 6 sore sampe jam 10 malem
yang mau cari oleh-oleh disini tempatnya, MODAL UTAMA : berani nawar, setengah harga! banyak pedagang yang bisa bahasa melayu karena konon ceritanya orang malaysia banyak yg gila belanja disini. saya dan kiki yang melayu banget begitu masuk ke stand jualan langsung disambut bahasa melayu. harga yang ditawarin tinggi untuk kaos dan gantungan kunci, tawarlah sampe ke harga kaos 60.000 - 65.000 dong, tas 45.000 - 50.000 dong, gantungan kunci 1set isi 10 50.000 dong, selain harga itu, tinggal aja =D.



setelah belanja-belanji buat oleh-oleh, saat pulang ke penginapan dengan kepala cenat-cenut mikirin duit cukup sampe engga ke tujuan terakhir..hehehe. saatnya tidur untuk menyiapkan tenaga untuk tur besok pagi.

PENGELUARAN :
tiket masuk reunification palace : 30.000 dong
makan siang di windows cafe : 70.000 dong + 2.000 dong (tisu basah)
tiket masuk revolution palace : 15.000 dong
makan pho di PHO 2000 : 60.000 dong + 1.000 dong (tisu basah)
belanja oleh-oleh : 350.000 dong
TOTAL : 528.000 dong : 20.780 dong = 25,4 $ x Rp 9.225 = Rp 234.315


PENGELUARAN HARI PERTAMA Rp 234. 400


Tips di HCMN:
1.penginapan mantap service memuaskan dan ga nipu, saya rekomendasikan NgocThao GuestHouse
2. Mobil motor gila,ga ada toleransi sama pejalan kaki jd kalau nyebrang walau udah di zebra cross ttp aja di hajar. pesen uncle bule yang ditemui di tur mekong tentang cara nyebran adalah "Tetep jalan santai dan jgn berhenti tengah jalan, Slow but sure"
3. Jangan pernah ambil tisu basah di resto dan take away kalau makanan ga habis semua kena charger :( oiya, porsi makan di sini besar2 jd lebih baik lihat dulu ukurannya biar makanan yg mubazir
4. Belanja oleh2 di pasar malam deket ben thanh market. tawar setengahnya gantungan kunci dan tempelan kulkas tawar 40-50.000 dong untuk 10buah, kaos 60-65.000 size gede, tas 50.000 dong semua sama. Banyak pedagang yg bisa bahasa melayu krn akhir2 ini banyak turis Malaysia ke HCMN dan mereka gila belanja. Sebenarnya ada lagi tempat oleh-oleh yg murah di toko souvenir dipos office (harga fix tp murah untuk kaos dan gantungan kunci) dan tas Vietnam paling murah di dermaga mekong deket kuil Budha dipukul rata 2 dollar, kopi Vietnam beli di cirkle k saja lebih murah daripada dimanapun
5. Taksi pake vinasun 170.000 ada counternya di bandara siapin alamatnya dikertas nanti ada petugas yg ngomong ke supir taksi dan tuker uang di counter yang ada di bandara, cari yg kasih harga tertinggi tgl 20 maret 2012 1$ 20.780 atau di penginapan 1$ 20.500 kaya mendadak di vietnam hehehe
6. Banyak polisi turis tapi seperti kebanyakan orang vietnam bahasa Inggrisnya paraaaaaah
7. wifi oke, di restoran besar dan penginapan biasanya ada fasilitas free wifi, tapi untuk facebook di block sama pemerintah, tapi twitter aman. provider indosat bisa di pake krn kerjasama denagn vinatel. XL dan telkomsel ga bisa, mati total.







Komentar

  1. thanks sharingnya :)

    BalasHapus
  2. Bermanfaat bgt sharingnya, karna november 2016 gw trip ke HCMN thanks. :)

    BalasHapus
  3. Bermanfaat bgt sharingnya, karna november 2016 gw trip ke HCMN thanks. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FINALLY.. COLDPLAY CONCERT!!!!

akhirnya bisa nonton coldplay konser secara langsung tanpa youtube!! Jumat, 31 Maret 2017 menjadi salah satu hari special dalam hidup saya.. akhirnya saya bisa penuhi salah satu impian saya yaitu NONTON KONSER COLDPLAY secara langsung!!! AAAHHHH GILAA, AMAZINGLAAAH rasanya... bener-bener sesuai harga dan perjuangan untuk bisa dapat tiket konser ini. XXXX saya dapet tiketnya sejak bulan november, 2 kali online ga juga dapet tiket. akhirnya nyerah dan nitip temen baik yaitu kak chris yang sama-sama berjuang! dan voilaaa.. dapet deh tiket 1 tiket untuk petunjukan tambahan di singapore di tanggal 31 maret 2017 yang justru menjadi pertunjukkan pertama mereka di asia. tiket kelas CAT 2 seharga S$ 168 atau 1,6jt.. hehehe agak gila sih saya rela bobol tabungan ke jepang. setelah tiket didapat PRnya lagi tiket pesawat ke singapura, otomatis ditanggal itu pasti jadi mahal banget. tiap hari pantengin traveloka, harga tiket air asia/jet star yang bisanya murah meriah mendadak

SELAMAT TINGGAL LABUAN BAJO.. WELCOME TO BALI

MINGGU, 1 MEI 2016 rencana tak terduga. ini ga sesuai rencana.. jadilah kami mampir ke bali.. padahal sempet lho sesumbar buat ga ke bali hehehe sebelum meninggalkan labuan bajo saya bangun pagi dan "dapet tamu bulanan" untung dapetnya sekarang coba dapetnya pas ketemu komodo ga kebayang horornya.. selesai mandi, saya menyusuri jalanan labuan bajo yang udah mulai ramai menuju pasar dan pelabuhan.. seru banget liat aktifitas masyarakatnya, setelah beli kopi buat oleh-oleh di pasar swalayan lanjut cari sarapan nasi berupa nasi kuning depan polsek labuan seharga 10.000.  kembali ke penginapan, rhena bangun dan ngajak beli sarapan lagi.. roti gratis dari penginapan ga nampol buat perut saya. jam 10 pagi check out dan ngojek menuju bandara, kali ini kami naik kalstar buat menuju denpasar.. jam 1 siang kami sampai di denpasar.. pesen gojek untuk menuju hotel SENSE di sunset road seminyak yang kami booking melalui booking.com, dapet harga bagus.. hotel bintang 4 cu

TRAVELING (ALA RANGGA) DI LABUAN BAJO DAY 2

DAY 2, JUMAT 29 APRIL2016 mari bangun pagi dan mulailah pelayaran hehehe.. sebelum check out sarapan dulu, sarapannya oke bgt.. dilayani dengan baik. tersedia teh dan kopi, roti plus pancake setelah check out langsung menuju kantor tur, disana udah ada 2 bule yang nantinya akan jadi teman penjelajahan.. oiya disini titip dulu barang-barang yang (sepertinya) ga dibutuhin di kapal ditengah jalan mau di pelabuhan ada lagi 2 bule yang gabung jadi total ada 7 orang  + 2 crew kapal langsung berkenalan ada sang nahkoda pak ahmad, fian sang juru masak, pasangan dari belanda renata dan cowonya (lupa namanya), suami - istri yang lagi honeymoon federica (italy) dan benny (jerman) dan kakek2 dari rusia kalo begini jadi inget suami dirumah.. hehehe kapal berukuran sedang dengan 1 kamar dan dek atas.. setelah basa-basi berkenalan kami semua sibuk sendiri menikmati pelayaran pasangan italy jerman cukup cool untuk tidak pamer kemesraan tapi pasangan belanda PDA all the time..  nain ma