Langsung ke konten utama

BABYMOON : KETIKA IBU HAMIL 6 BULAN JALAN-JALAN KE LUAR NEGERI =)

BABYMOON.. istilah yang sengaja banget saya buat untuk perjalanan kali ini. bener kata orang kalo udah nemu klik sama jalan-jalan bakal kecanduan..

semua berawal dari iseng-iseng browosing website mandala lagi ada promo "berangkat bayar pulang gratis" pas cek tanggal ternyata cocok, pas libur anak sekolah di bulan juli. sebagai guru saya hanya bisa jalan saat murid juga libur.. alamat high session kaan jadi ada promo ini sangat membantu..

setelah tanggal cocok saatnya menentukan tujuan, yaitu BANGKOK, saya jatuh cinta sama kota ini. tahun kemarin saya juga kesana tapi kali ini saya pengen lebih lama dan lebih banyak belanja..hehehe

suami setuju, dan ada juga teman sekeluarga mau gabung.. jadilah saya akan jadi guide mereka, kebetulan saya dianugrahi memory yg baik dan bisa baca peta.. dan katanya paling penting jago nawar =p

oiya, saat saya pesen tiket sebenernya saya udah dinyatakan positif hamil 4 minggu, ada semacam gambling kalo ternyata Tuhan dan dokter ga mengizinkan saya ga akan berangkat.. tapi alhamdulillah kehamilan saya lancar dan tidak bermasalah.. konsultasi juga sama temen2 yang pernah babymoon dan tips pentingnya adalah ibu hamil harus relax saat di pesawat dan tau diri kalo udah capek! setelah cek dokter dan dapat surat keterangan siap deh babymoonnya..

saat awal perjalanan ada peristiwa ga ngenakan yaitu bagasi kami hilang.. hilang ditujuan, di bandara suvarnabhumi bangkok.. saat perjalanan baru akan mulai. walopun happy ending (sang - koper balik) tapi tetep aja ganggung pikiran.( baca BAGASI HILANG DI LUAR NEGERI - last post )

waktu babymoon sekitar 5 hari 4 malam.. saya ga nginep di khaosan road seperti tahun kemarin walopun daerah tersebut murah meriah. kali ini saya nginep di sukhmuvit 3 deket dengan BTS nana daerah arab town.. kenapa pilih daerah ini? kan termasuk red area bangkok? karena kebetulan teman saya sekeluarga nginep di marriot jadi karena saya ga sanggup nginep bareng ya saya cari hotel yang deket dengan mereka hehehe.. dipilihlah GRAND INN HOTEL BANGKOK, sukhmuvit 3 sebrang nana square.. saya booking by booking.com yang kebetulan lagi ada promo murah kami dapat harga untuk kamar deluxe 350rbmlm (lebih murah daripada harga resmi websitenya), kamar oke..kamar mandi dan bersih walaupun ga dapet sarapan.

tadinya kalo ga ada insiden bagasi ilang malam saya dan suami mau jalan-jalan ke khaosan road, semacam napak tilas perjalanan saya taun lalu dan pengen booking lokal tur yang emang pusatnya disana untuk perjalanan ke floating market.. tapi rencana tinggal rencana malem hari tanggal 3 juli kami cuma kelililng kawasan arab town sambil cari-cari baju murah hehehe (baju semua ada di bagasi)

langsung hari ke dua di bangkok yaa.. 4 juli 2013

saya udah berkumpul dengan bu rini sekeluarga, beliau atasan saya di sekolah.. jadi pagi jam 9 saya udah tiba di lobby marriot yang megah itu..hari ini kami akan wisata wat dimulai dari grand palace - wat po - wat arun.. kayaknya belom ke bangkok kalo belum kesana...

naik taksi ke grand palace yang diisi 6 orang seharga 100 bath sampe depan grand palace, inget pintu masuk grand palace ada di samping kiri deket taman burung/lapangan dan buka setiap hari!!

berhubung saya udah pernah kesana sayalah yang akan jadi guide mereka.. harga tiket masuk grand palace udah naik dari tahun lalu 450 bath sekarang (2013) 500 bath termasuk didalamnya tiket masuk wat emerald dan vinamek palace yang jaraknya lumayan jauh dari grand palace..

seperti biasa grand palace selalu ramai sama rombongan turis, cuaca yang terik.. bikin sebenernya agak sayang masuk kedalamnya hehehe, sayang tiketnya. setelah cukup muter-muter grand palace istirahat sejenak buat beli susu dingin dan jus mangga seharga 25 bath yang dijual di moko di tengah grand palace..

selanjutnya cari makan siang, kami makan siang di pasar belakang grand palace.. disana pesen nasi goreng ala thai dan mie goreng.. semua makanan di harga 50 bath, jangan mau kalo lebih, karena di kios paling depan mereka akan kasih harga awal 60 bath padahal kalo mau jalan lebih dalam semua harga makanan udah resmi tertulis 50 bath.

ada trik buat beli buah2an dipasar tersebut, saat mau beli duren saya ga ngomong apa2 cukup tunjuk dan dikira orang thailand dari harga yang tertulis 80 bath saya di kasih 100 bath dikembaliin 40 bath.. asiiik lumayan irit 20 bath hehehe..

lanjut ke wat po atau yang lebih dikenal dengan kuil budha tidur. ini kuil kesukaan saya.. sepi dan bikin betah lama-lama.. karena banyak turis yang cuma liat patung budha tidur dan ga eksplore bagian dalam yang keren, favorite saya adalah main kuil, suasananya tenang khusus dan adem.. tiket masuk wat po 100 bath dan dapet free drink gratis.. lumayan bgt kaaan..

setelah puas di wat po lanjut nyebrang ke wat arun.. tinggal jalan ke belakang wat po trus masuk ke dermaga, untuk nyebrang bayar 3 bath sekali jalan. karena udah pada capek dan wat arun ada diketinggian jadi cuma suami dan gadi anak bu rini yang masuk tiket wat arun 50 bath.. saya dan bu rini tunggu di cafetaria wat arun, di wat arun pedagang souvenir jago bahasa indonesia dan kasih harga yang "keliatannya" murah tapi kalo di banding dengan JJ market tetep murahan JJlaah hehehe..

hari udah sore.. anak bu rini udah mulai capek jalan, mereka kemudian memutuskan kembali ke hotel sedangkan saya dan suami akan ke khaosan buat booking tur untuk besok, jadilah rombongan berpisah di dermaga phra atit, mereka saya sarannya untuk naik boat dan sambung naik BTS daripada naik taksi yang kasih harga tinggi karena dari jam 4-7 malem bangkok macetnya menggila dan daerah sukhmuvit termasuk pusatnya..

saya dan suami jalan kaki ke khoasan road.. untuk booking tur dan cari baju untuk besok..kondisi baju udah lepek, maklum baju kami ga ganti dari tiba di bangkok hehehe..

untuk booking tur pilih tur yang memang kantor resmi, bukan booth pinggir jalan.. ada 2 tur yang letaknya sederetan dengan wat sebrang kantor polisi khaosan arah ke grand palace harga murah sebagai perbandingan :

- harga tur floating market di tur resmi 250bath (half day, tidak termasuk sewa paddle boat disana), di tempat lain 350 bath bahhkan di tur yang ada di BTS takhsin harga 900 bath.. di website 1000bath..

- harga tur ke floating market + samphran zoo (liat pertunjukan gajah+buaya) + makan siang 650 bath, sedangkan di tempat lain 850 bath dan di website bisa sampai 1600 bath..

- begitu juga tur ke floating market + rose garden + makan siang 650 bath..

jadi, betapa murahnya kan kalo jalan sendiri..hehehe ditambah lagi besok kami akan dijemput di hotel di pagi hari.. dimanapun letak hotelnya, walaupun pulangnya hanya akan di drop di khoasan..

setelah booking tur saya dan suami jalan-jalan menikmati khaosan sambil cari baju.. saya ga beli di khaosan karena harga pasti tinggi.. jadi saya cari di pasar rambutri yang letaknya 2 gang dari khaosan.. lumayan dapet 1 celana panjang dan blus buat besok seharga 250 bath..

karena jalanan masih macet saya dan suami memutuskan untuk naik bis menuju nana.. bus dari khaosan ke nana adalah bis no 2, hanya 6,5 bath non ac dan 12/13 bath ac..walo nunggunya lamaaa.. halte terdekat dari khaosan yang arah democratic monument

nunggu bis di bangkok dengan jakarta beda..kalo dijakarta bisa stop bis dimana aja kalo di bangkok mesti di halte bus, pasti orang bangkok kurus2 jalan kaki teruuuuusss..hehehe..

sampai di nana jam 8an malem..para bencong udah mulai berkeliaran hehe, sebelumnya beli makan malam dulu di MCD, kebetulan sekarang ada menu nasi yaitu chiken teriyaki seharga 59 bath..

kaki pegel, menyenangkan walau hati belum begitu tenang (BAGASI OOHH) dan yang terpenting ade bayi tersayang enjoy.. =)

1. Hallo mba..saya mw tanya, bis no.2 dari khaosan lewat BTS Phrom Phong ga ya? Atau mall emporium?

2. ijin share ya mbak terinspirasi nih jdi bumil traveler :)

3. waaahhh menolong bgt mbaaa.. aku ketar ketir karena akhir tahun beli tiket buat Juli 2019, eh Feb ini alhamdulillah positif hamil.. tadinya mau honeymoon season 2 ternyata ada yg mau diajak babymoon..

4. Artikel yang sangat menarik, coba kalian ajukan Kartu kredit Citibank sekarang juga

Postingan populer dari blog ini

FINALLY.. COLDPLAY CONCERT!!!!

akhirnya bisa nonton coldplay konser secara langsung tanpa youtube!! Jumat, 31 Maret 2017 menjadi salah satu hari special dalam hidup saya.. akhirnya saya bisa penuhi salah satu impian saya yaitu NONTON KONSER COLDPLAY secara langsung!!! AAAHHHH GILAA, AMAZINGLAAAH rasanya... bener-bener sesuai harga dan perjuangan untuk bisa dapat tiket konser ini. XXXX saya dapet tiketnya sejak bulan november, 2 kali online ga juga dapet tiket. akhirnya nyerah dan nitip temen baik yaitu kak chris yang sama-sama berjuang! dan voilaaa.. dapet deh tiket 1 tiket untuk petunjukan tambahan di singapore di tanggal 31 maret 2017 yang justru menjadi pertunjukkan pertama mereka di asia. tiket kelas CAT 2 seharga S$ 168 atau 1,6jt.. hehehe agak gila sih saya rela bobol tabungan ke jepang. setelah tiket didapat PRnya lagi tiket pesawat ke singapura, otomatis ditanggal itu pasti jadi mahal banget. tiap hari pantengin traveloka, harga tiket air asia/jet star yang bisanya murah meriah mendadak

SELAMAT TINGGAL LABUAN BAJO.. WELCOME TO BALI

MINGGU, 1 MEI 2016 rencana tak terduga. ini ga sesuai rencana.. jadilah kami mampir ke bali.. padahal sempet lho sesumbar buat ga ke bali hehehe sebelum meninggalkan labuan bajo saya bangun pagi dan "dapet tamu bulanan" untung dapetnya sekarang coba dapetnya pas ketemu komodo ga kebayang horornya.. selesai mandi, saya menyusuri jalanan labuan bajo yang udah mulai ramai menuju pasar dan pelabuhan.. seru banget liat aktifitas masyarakatnya, setelah beli kopi buat oleh-oleh di pasar swalayan lanjut cari sarapan nasi berupa nasi kuning depan polsek labuan seharga 10.000.  kembali ke penginapan, rhena bangun dan ngajak beli sarapan lagi.. roti gratis dari penginapan ga nampol buat perut saya. jam 10 pagi check out dan ngojek menuju bandara, kali ini kami naik kalstar buat menuju denpasar.. jam 1 siang kami sampai di denpasar.. pesen gojek untuk menuju hotel SENSE di sunset road seminyak yang kami booking melalui booking.com, dapet harga bagus.. hotel bintang 4 cu

TRAVELING (ALA RANGGA) DI LABUAN BAJO DAY 2

DAY 2, JUMAT 29 APRIL2016 mari bangun pagi dan mulailah pelayaran hehehe.. sebelum check out sarapan dulu, sarapannya oke bgt.. dilayani dengan baik. tersedia teh dan kopi, roti plus pancake setelah check out langsung menuju kantor tur, disana udah ada 2 bule yang nantinya akan jadi teman penjelajahan.. oiya disini titip dulu barang-barang yang (sepertinya) ga dibutuhin di kapal ditengah jalan mau di pelabuhan ada lagi 2 bule yang gabung jadi total ada 7 orang  + 2 crew kapal langsung berkenalan ada sang nahkoda pak ahmad, fian sang juru masak, pasangan dari belanda renata dan cowonya (lupa namanya), suami - istri yang lagi honeymoon federica (italy) dan benny (jerman) dan kakek2 dari rusia kalo begini jadi inget suami dirumah.. hehehe kapal berukuran sedang dengan 1 kamar dan dek atas.. setelah basa-basi berkenalan kami semua sibuk sendiri menikmati pelayaran pasangan italy jerman cukup cool untuk tidak pamer kemesraan tapi pasangan belanda PDA all the time..  nain ma