Langsung ke konten utama

GILI TRAWANGAN - HONEYMOON ALA IRIT!

EHAAAYY..alhamdulillah sekarang saya udah double emm maksudnya udah nikah. setelah mumet-mumet urus persiapan pernikahan saatnya JALAN-JALAN!! kali ini mengambungkan model backpackeran dan ala koper..dan partner saya udah tentu suami saya hehehe.. tujuan kami adalah gili trawangan selama 4hari 3 malam!!

untuk persiapan jalan-jalan ini saya yang atur semua.. udah saya planning sejak agustus, dari hunting tiket pesawat murah dan booking penginapan. kebetulan banget the guru traveler saya mbak rini harjanti belum lama ini ke lombok jadi saya ikuti kiat-kiatnya ( @riniharjanti by twitter)

untuk tranportasi saya putuskan ga ngulang lagi naik bis hingga 30 jam kayak ke bali, kali ini naik pesawat dengan menggunakan maskapai lion air (untuk keberangkatan) dan garuda indonesia (untuk balik ke jakarta) tentunya harga promo hehehe..

kenapa saya sebut irit karena berdasar browsing paket honeymoon di gili rata2 mematok Rp. 3.500.000 perorang diluar biaya tiket pesawat, naah saya berhasil dgn uang 5,9juta udah bisa honeymoon di gili trawangan 4hari 3 malam, termasuk makan, penginapan di bungalow dan tiket pesawat =) oiya sama belanja oleh-oleh buat orang rumah..

DAY 1. 13 NOVEMBER 2012

pagi jam setengah 6 udah menuju bandara soetta dari rumah suami di pasar rebo, sebenernya pesawat take off jam 9.00 tapi berhubung jalanan jakarta yang ga bisa di prediksi maka diputuskan lebih baik nunggu daripada telat. taksi meluncur dengan sangat lancar menuju terminal 1A, sampai jam 7 kurang dan langsung cari sarapan, kebetulan ada warung makanan yang sesuai budget yg tipis yaitu soto kriuk. karena udah web check in jadi agak santai, ga buru-buru dan berdasarkan pengalaman teman-teman traveler saya ga pake layanan bagasi lion air..semua di packing seringkas mungkin agar masuk ke kabin.

jam 8 pagi kami masuk ke boarding room, dan jam 9 tepat kami masuk ke pesawat. perjalanan jakarta - lombok memakan waktu 1 jam 55 menit, dan diperkirakan jam 11.55 udah sampai di lombok praya airport (inget perbedaan waktu jakarta - lombok, dimana lombok GMT +8, lebih awal 1jam dari jakarta)

alhamdulillah mendarat dengan selamat dan tepat waktu.. langsung saja kami mencari tempat pembelian tiket damri. di pintu keluar sebenernya banyak travel agent yang menawarkan transport ke gili tapi MUAAHAAL BANGET, bisa 200-400 ribu... setelah tanya-tanya sama petugas bandara kami langsung menuju loby bagian ujung dimana loket damri berada, ada 2 tujuan pemberhentian damri di kota mataram yaitu di pol damri pusat di mataram (Rp 15.000) atau sengigi (Rp 25.000)

lombok praya internasional airport

untuk mencapai ke gili dari lombok praya internasional airport cara iritnya adalah naik damri ke senggigi (2 jam perjalanan) sampai pasar seni senggigi, dari sini lanjut naik taksi sampai ke pelabuhan bangsal.

di lombok pilih taksi yang sudah terpercaya, ada lombok taksi (blue bird grup) dan taksi express, semuanya pake ARGO RESMI =). menggunakan taksi menuju bangsal lebih irit dibanding menggunakan jasa travel agent. tarif yang ditawarkan travel agent dari senggigi ke bangsal dipatok harga 65.000/ ke gili trawangan 75.000 perorang.. bandingkan kalo naik taksi 70.000 udah sampe pelabuhan bangsal (kalo ramean jatuhnya lebih murah). sebelumnya saya sempet belanja keperluan untuk di gili di alfamart yang ga jauh dari tempat pemberhentian damri di senggigi, terutama air mineral karena konon kabarnya air mineral di gili di bandrol 10.000 - 15.000 untuk 1,5 liter..

perjalanan senggigi ke pelabuhan bangsal kurang lebih 45 menit dengan pemandangan alam yang luar biasa cantiknya!! naik turun bukit ga berasa karena mata bener-bener dimanjain pemandangan laut.

sampai di pelabuhan bangsal taksi ga bisa masuk sampai pelabuhan, jadi kita jalan kurang lebih 70 meter atau naik cidomo tarif mentok 10.000 jangan mau lebih dari itu!! setelah itu menuju loket dan beli tiket untuk nyebrang ke gili, kapal yang digunakan kapal kayu, tapi insyaAllah aman.. begitu kapal penuh lanjut deh ke gili...aaahhhhh so excited!!!!

jam setengah 4 kami sampai di gili trawangan..luar biasa senangnya akhirnya sampai juga di gili trawangan, ga lagi mupeng liat tayangan tv..hehehe. langsung kami menuju penginapan yang jaraknya 100 meter dari pelabuhan. selama di gili trawangan kami menginap di BALE SAMPAN bungalows, langsung depan pantai dan punya fasilitas tempat berjemur sendiri. harga kamar emang cukup mahal kalo standar backpacker, tapi karena jalan-jalan kali ini dalam rangka honeymoon jadi sekali-kali sewa kamar bagus hehehe... (sebelumnya saya dp 50% dari harga, jadi di gili tinggal pelunasannya saja) www.balesampanbungalows.com

sampai di bale sampan di sambut senyum ramah pegawainya, saya booking langsung by email dan saat sampai di lombok tadi saya konfrimasi by sms. kami mendapat bungalow nomor 3, dengan garden view..karena saya bilang dalam rangka honeymoon maka tampat tidurnya di kasih bunga-bunga gitu..hehehe

semesta mendukung!! karena tiba-tiba ujan turun, cukup gede dan saya sempet liat ada badai di laut..tapi disela-sela badai munculnya pelangi yang indah..sayang saya ga sempet foto.

setelah bongkar barang dan istirahat kami putuskan makan malam akan cari ikan bakar di pasar malam.. dipasar malem lebih di dominasi bule yang cari makanan murah.. ada seafood, nasi campur, sate ayam bahkan mi ayam bakso..harga masih sesuai budget. malam ini kami makan ikan kakap merah bakar seharga 60 ribu udah termasuk bakwan+2 piring nasi plus lalapan.. perut kenyang hati senang, kembali ke penginapan untuk siap-siap snokling besok pagi..

PENTING!!
di gili ada fasilitas ATM baik BNI, BRI, MANDIRI, CIMB NIAGA, dan COMMONWELTH BANK.. tapi buat jaga-jaga siapin aja uang chas takutnya ATMnya lagi kosong!!

PENGELUARAN DAY 1:
taksi ke bandara (pasar rebo - soetta) Rp 120.000
sarapan 2 orang soto kriuk Rp 38.000
airport taksi 2 orang @40.000 Rp. 80.000
bus damri lop - senggigi 2 orang @25.000 Rp 50.000
belanja makanan-minuman untuk di gili Rp 70.000
taksi senggigi bangsal Rp 70.000
kapal ke gili 2 orang @10.000 Rp 20.000
sewa bungalow 3 malam, @580.000 Rp 1.740.000 (termasuk makan pagi yang enak banget!!)
makan malam Rp 70.000

TOTAL PENGELUARAN DAY 1 RP 2.258.000

1. Halo mas, terimakasih sharingnya..btw, utk perjalanan plg ke lombok tdk diceritakan ya? Perlu menginap 1 mlm d lombok ga ya?

Postingan populer dari blog ini

FINALLY.. COLDPLAY CONCERT!!!!

akhirnya bisa nonton coldplay konser secara langsung tanpa youtube!! Jumat, 31 Maret 2017 menjadi salah satu hari special dalam hidup saya.. akhirnya saya bisa penuhi salah satu impian saya yaitu NONTON KONSER COLDPLAY secara langsung!!! AAAHHHH GILAA, AMAZINGLAAAH rasanya... bener-bener sesuai harga dan perjuangan untuk bisa dapat tiket konser ini. XXXX saya dapet tiketnya sejak bulan november, 2 kali online ga juga dapet tiket. akhirnya nyerah dan nitip temen baik yaitu kak chris yang sama-sama berjuang! dan voilaaa.. dapet deh tiket 1 tiket untuk petunjukan tambahan di singapore di tanggal 31 maret 2017 yang justru menjadi pertunjukkan pertama mereka di asia. tiket kelas CAT 2 seharga S$ 168 atau 1,6jt.. hehehe agak gila sih saya rela bobol tabungan ke jepang. setelah tiket didapat PRnya lagi tiket pesawat ke singapura, otomatis ditanggal itu pasti jadi mahal banget. tiap hari pantengin traveloka, harga tiket air asia/jet star yang bisanya murah meriah mendadak

SELAMAT TINGGAL LABUAN BAJO.. WELCOME TO BALI

MINGGU, 1 MEI 2016 rencana tak terduga. ini ga sesuai rencana.. jadilah kami mampir ke bali.. padahal sempet lho sesumbar buat ga ke bali hehehe sebelum meninggalkan labuan bajo saya bangun pagi dan "dapet tamu bulanan" untung dapetnya sekarang coba dapetnya pas ketemu komodo ga kebayang horornya.. selesai mandi, saya menyusuri jalanan labuan bajo yang udah mulai ramai menuju pasar dan pelabuhan.. seru banget liat aktifitas masyarakatnya, setelah beli kopi buat oleh-oleh di pasar swalayan lanjut cari sarapan nasi berupa nasi kuning depan polsek labuan seharga 10.000.  kembali ke penginapan, rhena bangun dan ngajak beli sarapan lagi.. roti gratis dari penginapan ga nampol buat perut saya. jam 10 pagi check out dan ngojek menuju bandara, kali ini kami naik kalstar buat menuju denpasar.. jam 1 siang kami sampai di denpasar.. pesen gojek untuk menuju hotel SENSE di sunset road seminyak yang kami booking melalui booking.com, dapet harga bagus.. hotel bintang 4 cu

TRAVELING (ALA RANGGA) DI LABUAN BAJO DAY 2

DAY 2, JUMAT 29 APRIL2016 mari bangun pagi dan mulailah pelayaran hehehe.. sebelum check out sarapan dulu, sarapannya oke bgt.. dilayani dengan baik. tersedia teh dan kopi, roti plus pancake setelah check out langsung menuju kantor tur, disana udah ada 2 bule yang nantinya akan jadi teman penjelajahan.. oiya disini titip dulu barang-barang yang (sepertinya) ga dibutuhin di kapal ditengah jalan mau di pelabuhan ada lagi 2 bule yang gabung jadi total ada 7 orang  + 2 crew kapal langsung berkenalan ada sang nahkoda pak ahmad, fian sang juru masak, pasangan dari belanda renata dan cowonya (lupa namanya), suami - istri yang lagi honeymoon federica (italy) dan benny (jerman) dan kakek2 dari rusia kalo begini jadi inget suami dirumah.. hehehe kapal berukuran sedang dengan 1 kamar dan dek atas.. setelah basa-basi berkenalan kami semua sibuk sendiri menikmati pelayaran pasangan italy jerman cukup cool untuk tidak pamer kemesraan tapi pasangan belanda PDA all the time..  nain ma