Langsung ke konten utama

NEW YEAR VACATION : BROMO - JOGJAKARTA (PART II)

HARI KE-3, 2 JANUARI 2013

SELAMAT PAGI BROMO!!

sesuai rencana hari ini kami akan berpetualang ke taman nasional bromo - tengger - semeru. pakaian untuk tahan dingin udah siap, kamera untuk bertempur hunting foto siap dan kendaraan jeep + supir sudah di booking..

STOP 1 - PENANJAKAN ( SUNRISE TIME)
saya sudah bangun sejak jam 2 pagi, kayaknya saya orang pertama yang bangun di guest house hehehe..sangat ga sabar untuk liat sunrise dari panajakan yang konon kabarnya best sunrise in the world!! langsung saya bangunin suami saya dan ketok pintu kamar teman..ternyata ketokan pintu saya membangunkan penghuni kamar lainnya..dan kamar depan yang di isi pasangan bule bangun dan mengucapkan "thank you for wake up calling, I exciting with my sunrise today"..hehehe

jam 3 kami udah bersiap di depan guesthouse dengan "peralatan perang" kami, menunggu jemputan jeep sewaan..lumayan lama dijemputnya karena baru jam setengah 4 jeep datang..tanpa menunggu lama langsung kami naik dan jeep pun menghantarkan kami ke puncak penanjakan.. kami ga sendiri ada banyak jeep yang juga punya tugas yang sama, melewati lautan pasir dengan penerangan hanya dari lampu mobil dan meliuk-liuk naik ke puncak penanjakan dengan jalan nanjak, licin dan gelap..

30 menit perjalanan menuju puncak, jeep ngga bisa naik lebih dekat ke central spot karena parkiran sudah penuh..dengan semangat 45 saya langsung naik duluan..saya ga mau kecewa kelewatan sunrise..ada juga jasa ojek 15ribu, tapi saya memilih jalan kaki. di sekitar central spot banyak toko sovenir dan warung makan yang akan saya hampiri nanti.

sampai di central spot udah banyak orang yang berkumpul, saat itu langit masih gelap, masih jam 4 pagi..angin dingin gunung bikin kuping dan tangan kebas..sangat penting bawa sarung tangan + syal dan jaket berhoodii..akhirnya YANG DITUNGGU KELIATAN, garis matahari terlihat di timur..luar biasa indahnya. perlahan pemandangan taman nasional terlihat.. si gagah mahameru, si cantik gunung batok dan asap dari kawah bromo di selimuti kabut pagi..subhanallah indaaaah banget..walopun sudah banyak foto bromo yang sama tapi ga afdol kalo nggak jepret sendiri.. setelah puas foto-foto jam 5.45 kami putuskan untuk turun, sebelumnya sempatkan diri isi perut dengan pisang goreng panas..

dalam perjalanan ke pemberhentian selanjutnya saya sempat turun ditengah jalan..supir jeepnya kasih spot lain untuk foto dengan latar gunung batok juga sempat berhenti dilautan pasir, yang pada musim hujan ini pasirnya cukup bersahabat karena padat terkena hujan...subhanallah dan alhamdulillah rasanya =)

STOP 2 - GUNUNG BROMO (HIKING TIME.. maybe)
jam 6.30 sampai di parkiran jeep menuju gunung bromo..jeep ga bisa lebih dekat lagi karena ada pura di kaki gunung yang harus jauh dari kebisingan mesin jeep. oleh supir jeep diingatkan agar kembali lagi ke parkiran jam setengah sembilan.

untuk sampai ke tangga gunung bromo ada 2 alternatif yaitu jalan kaki dan naik kuda.. untuk sewa kuda biasanya akan ditawarkan oleh supir jeep terlebih dahulu, tiap supir jeep punya langganan masing-masing. sewa kuda PP (parkiran - kaki gunung) 50rb-60rb, biasanya tukang kuda akan kasih harga awal 100 ribu tergantung keahlian menawar tapi kalo bisa jangan lebih dari 60rb yaaa.. kalo jalan kaki harus bermetal baja, medan pasir dan kotoran kuda siap menghadang hehehe.. saya perlu waktu 1jam untuk sampai ke puncak gunung bromo.. sempat pengen nyerah, berhenti berkali-kali tapi akhirnya sampai juga setelah naik 250 anak tangga! wuuuuffff..puassss... tapi perjuangan belum selesai tangga turun bromo berpasir basah jadi harus hati-hati agar terpeleset dan sangat disarankan menggunakan sepatu/sandal gunung..

sampai di parkiran tepat waktu, ada pedagang baju sablon bromo nawarin dagangannya dari iseng nawar akhirnya berhasil juga nawar kaos bromo seharga 15rb/baju dari harga awal 25rb..emang bakat nawar deh saya ini..hehehe, setelah belanja-belanji perjalanan berlanjut menuju savana atau nama populernya bukit telletubies =)
STOP 3 - SAVANA a.k.a BUKIT TELLETUBIES
YEEEEAAAH..senangnya kesampean ke bukit telletubies..letak savananya ada belakang gunung bromo, supir jeepnya super canggih..jalan becek, licin bisa dilewatin. mantap!!

dari pemandangan abu-abu beralih ke pemandangan serba hijau, cuma kurang lengkap langit birunya berganti langit mendung.. foto-foto, seakan foto prewedd lagi hehe dan diselingi makan bakso panas-panas hehehe..rasanya ga mau beranjak tapi karena harus ke pasir berbisik jadi ga bisa lama-lama disini =(
STOP 4 - PASIR BERBISIK
istilah pasir berbisik diambil dari lautan pasir yang seakan berbisik karena tertiup angin dan terkenal dikalangan wisatawan dari film yang dibintangi dian sastro..lokasinya yang di lembah bikin hawanya spooky hehe.. karena lagi musim hujan jadi ga dapet bisikan pasirnya, diganti kabut tebal yang cepet datang cepet ilang..
jam 11 siang petualangan kami selesai dan dianter oleh jeep menuju penginapan, langsung kami siap-siap packing karena jam 12 siang harus check out.. sebelumnya kami minta tolong pak yogi untuk mencarikan elf untuk turun pulang..jam setengah 1 siang kami turun menuju terminal probolinggu dengan rute yang sama, kali ini lancar jaya tanpa macet..pemandangan bromo emang luar biasa bagusnya..rasanya pengen lebih lama lagi disini..
perjuangan selanjutnya adalah mencari bis ke jogja dari ponorogo..hasil browsing minim banget karena rata-rata bis ke jogja kebanyakan via surabaya.. setelah mengisi perut kami berempat mulai cari informasi, kebetulan ketemu orang di terminal yang kasih info ada bis langsung dr probolinggo ke jogja yang berangkat jam 7 malem. untuk menyakinkan saya tanya ke petugas dishub terminal dan membenarkan info tersebut.

bus ke jogja adalah bus jurusan banyuwangi-jogja, jadi sangat tergantung keberuntungan apakah ada kursi kosong atau tidak dari banyuwangi, bus tersebut ada masuk terminal probolinggo jam 7 malem dan 9 malem.

sambil harap-harap cemas kami ber4 istirahat di belakang mushola terminal, dari ashar sampe magrib.. begitu selasai ibadah magrib kami kembali menunggu bis..setelah perjuangan panjang alhamdulillah kami dapet kursi duduk..emang harus cepet-cepatan.. kami naik bus PO MILA ekonomi dengan tarif 60rb (bayar diatas bis, karena tidak ada loket pembeliannya di terminal), yaa kondisi bisnya begitulah karena memang diakui bis untuk daerah timur surabaya banyak yang sudah tua dan supir yang ugal-ugalan..jadi siapkan mental dan taqwa =p. bis berangkat jam 8 malem dengan waktu perjalanan 8-9 jam..jadi sampai jumpa di jogja yaaa.. =)

pengeluaran :
beli pisang goreng Rp 10.000/dapet 6 buah
beli bakso di savana Rp 8000/porsi
beli kaos bromo @ Rp 15.000 x 3 = Rp. 45.000
makan siang nasi rawon gepuk Rp. 20.000
tiket bus PO MILA (probolinggo - jogjja) Rp 60.000

TOTAL pengeluaran harike-3 Rp 143.000

Postingan populer dari blog ini

FINALLY.. COLDPLAY CONCERT!!!!

akhirnya bisa nonton coldplay konser secara langsung tanpa youtube!! Jumat, 31 Maret 2017 menjadi salah satu hari special dalam hidup saya.. akhirnya saya bisa penuhi salah satu impian saya yaitu NONTON KONSER COLDPLAY secara langsung!!! AAAHHHH GILAA, AMAZINGLAAAH rasanya... bener-bener sesuai harga dan perjuangan untuk bisa dapat tiket konser ini. XXXX saya dapet tiketnya sejak bulan november, 2 kali online ga juga dapet tiket. akhirnya nyerah dan nitip temen baik yaitu kak chris yang sama-sama berjuang! dan voilaaa.. dapet deh tiket 1 tiket untuk petunjukan tambahan di singapore di tanggal 31 maret 2017 yang justru menjadi pertunjukkan pertama mereka di asia. tiket kelas CAT 2 seharga S$ 168 atau 1,6jt.. hehehe agak gila sih saya rela bobol tabungan ke jepang. setelah tiket didapat PRnya lagi tiket pesawat ke singapura, otomatis ditanggal itu pasti jadi mahal banget. tiap hari pantengin traveloka, harga tiket air asia/jet star yang bisanya murah meriah mendadak

SELAMAT TINGGAL LABUAN BAJO.. WELCOME TO BALI

MINGGU, 1 MEI 2016 rencana tak terduga. ini ga sesuai rencana.. jadilah kami mampir ke bali.. padahal sempet lho sesumbar buat ga ke bali hehehe sebelum meninggalkan labuan bajo saya bangun pagi dan "dapet tamu bulanan" untung dapetnya sekarang coba dapetnya pas ketemu komodo ga kebayang horornya.. selesai mandi, saya menyusuri jalanan labuan bajo yang udah mulai ramai menuju pasar dan pelabuhan.. seru banget liat aktifitas masyarakatnya, setelah beli kopi buat oleh-oleh di pasar swalayan lanjut cari sarapan nasi berupa nasi kuning depan polsek labuan seharga 10.000.  kembali ke penginapan, rhena bangun dan ngajak beli sarapan lagi.. roti gratis dari penginapan ga nampol buat perut saya. jam 10 pagi check out dan ngojek menuju bandara, kali ini kami naik kalstar buat menuju denpasar.. jam 1 siang kami sampai di denpasar.. pesen gojek untuk menuju hotel SENSE di sunset road seminyak yang kami booking melalui booking.com, dapet harga bagus.. hotel bintang 4 cu

TRAVELING (ALA RANGGA) DI LABUAN BAJO DAY 2

DAY 2, JUMAT 29 APRIL2016 mari bangun pagi dan mulailah pelayaran hehehe.. sebelum check out sarapan dulu, sarapannya oke bgt.. dilayani dengan baik. tersedia teh dan kopi, roti plus pancake setelah check out langsung menuju kantor tur, disana udah ada 2 bule yang nantinya akan jadi teman penjelajahan.. oiya disini titip dulu barang-barang yang (sepertinya) ga dibutuhin di kapal ditengah jalan mau di pelabuhan ada lagi 2 bule yang gabung jadi total ada 7 orang  + 2 crew kapal langsung berkenalan ada sang nahkoda pak ahmad, fian sang juru masak, pasangan dari belanda renata dan cowonya (lupa namanya), suami - istri yang lagi honeymoon federica (italy) dan benny (jerman) dan kakek2 dari rusia kalo begini jadi inget suami dirumah.. hehehe kapal berukuran sedang dengan 1 kamar dan dek atas.. setelah basa-basi berkenalan kami semua sibuk sendiri menikmati pelayaran pasangan italy jerman cukup cool untuk tidak pamer kemesraan tapi pasangan belanda PDA all the time..  nain ma