Langsung ke konten utama

NEW YEAR VACATION : BROMO - JOGJAKARTA

SELAMAT TAHUN BARU 2013..HAPPY NEW YEAR... preeeeeeetttt!!!!!!!! *ceritanya niup terompet

akhir tahun 2012 dan awal tahun 2013 saya mulai dengan sebuah perjalanan - merenung, bersyukur dan memikirkan plan jalan-jalan 2013 di dalam kereta api kertajaya AC.. alhamdulilah =)

tujuan jalan-jalan di penghujung dan awal tahun ini adalah taman nasional bromo dan kota jogjakarta. sejak awal tahun 2012 saya udah "ngidam banget" buat jalan ke bromo..rasanya agak malu pergi ke luar negri tapi ke bromo aja belom pernah..akhirnya awal tahun ini jadi kenyataan.

waktu : 31 desember 2012 - 5 januari 2012
partner : suami saya dan teman suami, kak frida dan bang roy..yes we'are double couple!

HARI KE-1, 31 DESEMBER 2012

berangkat dari stasiun senen menuju pasar turi, surabaya. kami naik kereta api kertajaya gerbong AC, di gerbong paling belakang..krn cuma ini yang tersisa untuk tgl 31 desember. sebelumnya, untuk masuk stasiun pasar senen bener-bener ketat! satu persatu diperiksa, antara nama tiket dan ktp harus sama..untuk itu disarankan untuk datang 1 jam lebih awal dari jam keberangkatan.

jam 15.30 kereta kertajaya tiba di stasiun, kondisi gerbong ya sama kayak kereta api ekonomi hanya saja ditambah AC, AC biasa kayak untuk AC ruangan gitu..jadi ya beda banget sama gajahwong atau bogowonto..saya tipe orang yang pelor a.k.a nempel molor..jadi ga begitu ngerasain perjalanan apalagi kalo perjalanan malem..dan pergantian tahunpun saya lewatkan dengan tidur hehehe..

kondisi gerbong AC kertajaya      penampakan AC yang dipaksakan

HARI KE-2, 1 JANUARI 2013

jam 5 pagi kereta udah masuk ke stasiun pasar turi, surabaya..langsung saya tanya-tanya ke orang gimana caranya menuju ke terminal bungurasih dari pasar turi.. ga usah peduliin tukang becak, taksi yang merayu cukup jalan keluar stasiun menuju perempatan deket pusat grosir surabaya (PGS) dan tunggu didepannya bis P5 jembatan merah - bungurasih, ongkos 4000 ribu via tol jadi hanya 30 menit udah sampai ke terminal!!

naaaah dari terminal untuk menuju probolinggo, kota paling mudah dan terdekat ke taman nasional bromo. langsung ikutin infomasi di papan ke bagian antar kota, dan cari bis tujuan probolinggo, atau banyuwangi/jember - P.O AKAS/P.O MILA/P.O RESTU. rate harga kalo yang ekonomi biasa yaa odong-odong gitu antara 12-15rb, kalo yang executive 23-25rb..oiya calo/kenek disini lumayan "sanggar" asal tarik..jadi harus kuatkan iman ya hehe..

saya naik P.O RESTU, 15 ribu sampai ke probolinggo jam 7.30 dari terminal..ya namanya juga bis ekonomi emang odong-odong gitu hehe..2jam perjalanan surabaya/bungurasih - probolinggo sampai jam 9.30 pagi. begitu sampai turun depan terminal probolinggo udah ada bapak tua yang nyamperin..dia baik kok bukan calo, dia akan nunjukin tempat elf bromo nunggu penumpang yang memang mangkal di luar terminal..sampai sana elf masih kosong belum ada penumpang. elf menuju bromo bertarif 25rb sekali jalan sampe cemoro lawang (desa terakhir sebelum bromo) dan harus nunggu sampe penuh..jadi usahakan sebelum jam 12 siang udah sampe probolinggo. saya termasuk beruntung "hanya nunggu" 1jam15 menit elf penuh jam 10.45 elf berangkat..banyak cerita teman-teman traveler yang harus nunggu 2-3 jam dan ujung-ujungnya harus nyarter dengan ongkos 35rb/orang.

elf ke bromo..

awalnya perjalanan menuju bromo lancar jaya..sempet curiga kenapa arah turun dari bromo lenggang sepi..ternyata eh ternyata di tengah jalan dimana jalan udah mulai nanjak dan pinggirnya jurang terjadi kemacetan hebat..sebagai orang jakarta macet stuck 1jam biasa tapi kalo terjadi di luar jakarta agak shock juga siih..karena jalan yang sempit dan pada pergantian tahun jumlah pengunjung bromo luar biasa banyaknya jadi di tanggal 1 ini mereka ramai-ramai turun selesai semalem tahun baruan di bromo.. perjalanan yang harusnya cuma 1,5 jam molor jadi 2,5 jam..kami memutuskan untuk menginap di desa teratas di cemoro lawang..alasannya selain lebih deket ke bromo juga menghemat tarnportasi.. kalo nginep di desa dibawah di sukapura atau yoschi hotel untuk menuju pintu masuk bromo 1jeep kena cash 160rb/jeep belum biaya nginap dan sewa jeep lainnya kalo mau jelajah taman nasional.
macetnya menuju bromo =(

begitu sampai jam2 an kami langsung cari YOG GUESTHOUSE, yang ternyata letaknya pas banget dengan pemberhentian akhir elf.. karena lagi musim liburan kena harga 150rb/malam fasilitas air panas (penting itu karena udara disini bisa 10-12 derajat) padahal berdasar info kalo hari biasa ratenya antara 80-120rb untuk kamar dengan kamar mandi diluar.. YOG GUESTHOUSE letaknya bersebelahan dengan hotel cemara indah, paling atas jadi gunung batok udah keliatan.. yeeeeeyyyyy
kondisi kaamr di yog GS =)

saya langsung mandi.. karena badan lengket dan takut keburu air makin dingin, setelah mandi kami bergegas cari makan siang karena dari pagi belum makan.. ya kualitas makanan disana standar ada bakso 8000, atau nasi rames 10.000 dan soto ayam 15.000 dengan tempat makan yang standar juga baik rasa atau kebersihan. kalo mau yang lebih berkualitas bisa coba di cafe lava yang tentu aja harganya 2 kali lipat.. nah setelahnya kami mencari jeep untuk petulangan besok.. pak yogi dari penginapan menawarkan harga sewa jeep 120rb/orang untuk tujuan penanjakan dan bromo atau 200rb/org untuk 2 tujuan awal tadi plus savana dan pasir berbisik atau pilihan lainnya naik ojek 150rb untuk 4 tujuan .. kalo diitung-itung 120rb x 4 berarti 480rb dan masih bisa disharing sama orang lain.. saya inisiatif untuk cari alternatif lain daaaaan dari hasil tanya-tanya kami dapat harga sewa jeep yang lebih murah untuk tujuan panajakan + bromo 300rb - 350rb atau 600rb-650rb untuk 4 tujuan. JANGAN MAU KALO HARGANYA LEBIH DARI ITU!!!!! dan kami pilih yang ke 4 tujuan dengan harga 650ribu..

setelah makan, foto-foto dan dapet sewaan jeep kami kembali ke penginapan..hujan yang turun sejak jam 3 sore bikin suasana makin dingin..jam 5 cemoro lawang udah sepi ditambah mati listrik jadi ketika malem dateng sebagian besar rumah penduduk + lampu jalanan padam..untung aja dipenginapan ada jenset listrik sehingga bisa charger batere kamera dan hp.. jam 6 sore semua orang udah masuk kamar, tidur lebih awal karena besok pagi jam 2 udah harus bangun menjemput sunrise.. =)

pengeluaran :
kereta kertajaya AC Rp 180.000
makan dikereta nasi goreng Rp 15.000 (karena naik gerbong ac ada pelayanan restorasinya)
bis pasar turi - bungurasih Rp 4000
bis bungurasih - banyuwangi (turun probolinggo) Rp 15.000
elf probolinggo - bromo Rp 25.000
penginapan Rp. 150.000/2 = 75.000
makan sore soto ayam + teh anget Rp 17.000
sewa elf Rp 650.000/4 = 162.500

TOTAL pengeluaran hari 1 dan 2 Rp 493.500 perorang karena hanya berdua suami silahkan kalikan saja yaa.. =)

NEXT PART II..ENJOY READING

1. mbak,mau tanya donk. punya no telp nya Yog Guest House gak? Tks.

2. ada mbak.. pak yogi 081234906286 semoga membantu =)

3. oke. terima kasih mbak.

Postingan populer dari blog ini

FINALLY.. COLDPLAY CONCERT!!!!

akhirnya bisa nonton coldplay konser secara langsung tanpa youtube!! Jumat, 31 Maret 2017 menjadi salah satu hari special dalam hidup saya.. akhirnya saya bisa penuhi salah satu impian saya yaitu NONTON KONSER COLDPLAY secara langsung!!! AAAHHHH GILAA, AMAZINGLAAAH rasanya... bener-bener sesuai harga dan perjuangan untuk bisa dapat tiket konser ini. XXXX saya dapet tiketnya sejak bulan november, 2 kali online ga juga dapet tiket. akhirnya nyerah dan nitip temen baik yaitu kak chris yang sama-sama berjuang! dan voilaaa.. dapet deh tiket 1 tiket untuk petunjukan tambahan di singapore di tanggal 31 maret 2017 yang justru menjadi pertunjukkan pertama mereka di asia. tiket kelas CAT 2 seharga S$ 168 atau 1,6jt.. hehehe agak gila sih saya rela bobol tabungan ke jepang. setelah tiket didapat PRnya lagi tiket pesawat ke singapura, otomatis ditanggal itu pasti jadi mahal banget. tiap hari pantengin traveloka, harga tiket air asia/jet star yang bisanya murah meriah mendadak

SELAMAT TINGGAL LABUAN BAJO.. WELCOME TO BALI

MINGGU, 1 MEI 2016 rencana tak terduga. ini ga sesuai rencana.. jadilah kami mampir ke bali.. padahal sempet lho sesumbar buat ga ke bali hehehe sebelum meninggalkan labuan bajo saya bangun pagi dan "dapet tamu bulanan" untung dapetnya sekarang coba dapetnya pas ketemu komodo ga kebayang horornya.. selesai mandi, saya menyusuri jalanan labuan bajo yang udah mulai ramai menuju pasar dan pelabuhan.. seru banget liat aktifitas masyarakatnya, setelah beli kopi buat oleh-oleh di pasar swalayan lanjut cari sarapan nasi berupa nasi kuning depan polsek labuan seharga 10.000.  kembali ke penginapan, rhena bangun dan ngajak beli sarapan lagi.. roti gratis dari penginapan ga nampol buat perut saya. jam 10 pagi check out dan ngojek menuju bandara, kali ini kami naik kalstar buat menuju denpasar.. jam 1 siang kami sampai di denpasar.. pesen gojek untuk menuju hotel SENSE di sunset road seminyak yang kami booking melalui booking.com, dapet harga bagus.. hotel bintang 4 cu

TRAVELING (ALA RANGGA) DI LABUAN BAJO DAY 2

DAY 2, JUMAT 29 APRIL2016 mari bangun pagi dan mulailah pelayaran hehehe.. sebelum check out sarapan dulu, sarapannya oke bgt.. dilayani dengan baik. tersedia teh dan kopi, roti plus pancake setelah check out langsung menuju kantor tur, disana udah ada 2 bule yang nantinya akan jadi teman penjelajahan.. oiya disini titip dulu barang-barang yang (sepertinya) ga dibutuhin di kapal ditengah jalan mau di pelabuhan ada lagi 2 bule yang gabung jadi total ada 7 orang  + 2 crew kapal langsung berkenalan ada sang nahkoda pak ahmad, fian sang juru masak, pasangan dari belanda renata dan cowonya (lupa namanya), suami - istri yang lagi honeymoon federica (italy) dan benny (jerman) dan kakek2 dari rusia kalo begini jadi inget suami dirumah.. hehehe kapal berukuran sedang dengan 1 kamar dan dek atas.. setelah basa-basi berkenalan kami semua sibuk sendiri menikmati pelayaran pasangan italy jerman cukup cool untuk tidak pamer kemesraan tapi pasangan belanda PDA all the time..  nain ma