Langsung ke konten utama

BAGASI HILANG DI LUAR NEGERI ...

EHH HAAAYY.. kembali menulis setelah punya bahan untuk ditulis hehe

tulisan saya ini merupakan peristiwa penting yang terjadi saat saya dan suami melakukan BABYMOON ke bangkok 3 - 7 juli 2013, bagasi kami hilang saat perjalanan baru akan dimulai.. W-O-W BANGET KAAAN..

biasanya saya dan suami selalu menggunakan backpack dan selalu masuk kabin dengan berat ga lebih dari 7kg kalo traveling tapi dengan melihat sikon yang ada perut buncit 6 bulan hamil terpaksa menggunakan koper. koper tersebut isinya baju2 yang akan dipakai selama di bangkok sedangkan kamera, uang, dokumen dan charger semua di tas yang akan masuk kabin.

peristiwa dimulai saat kami berangkat rabu pagi tanggal 3 Juli 2013. kami berangkat dari rumah di bintaro jam 5.15 pakai taksi lewat BSD, dans sesuai perkiraan macet sejak mau masuk daerah bandara. kami menggunakan maskapai MANDALA TIGER AIR RI 900 dan sesuai jadwal akan take off jam 08.25. sampai terminal 3 jam 06.50 dan langsung ke konter check dan antriiiiii parah. menurut pengakuan penumpang lain petugas check in'nya lama mengelayani dan benar baru jam 07.45 kami bisa terlayani.. ga ada feeling jelek sedikitpun bahkan pesawat delay hingga 1 jam dan baru take off jam 9.45..

perjalanan di pesawat berjalan lancar, ade bayi diperutpun cukup tenang.. intinya ibunya harus relax dan tenang =)

jam 1 siang kami mendarat di bandara suvarnabhumi bangkok dengan lancar.. dan langsung menuju imigrasi. sampai sini semua lancar. daaan disinilah klimaksnya, setelah liat papan petunjuk pengambilan bagasi kami menuju roda bagasi atau "baggage claim" 17 dan koper kita ga ada.. bener-bener ditunggu sampe tuntas sampe last bag bahkan sampai ada tas dari penerbangan selanjutnyaaa... PANIIIIKK

coba atur napas..coba kalem.. dan emang koper kami ga ada...

ternyata ga cuma kami aja yang nemu kopernya, tapi juga ada ibu2 yang juga hilang. liat muka kita yg panik datang petugas bandara namanya PHI, cowo ganteng tinggi tapi melambai..hehehe., saya langsung tanya ada ga perwakilan kantor mandala di bandara tersebut dan ternyata ga ada.. dengan bahasa inggris yang ngaco dia berhasil ngerti maksud saya langsung diminta boarding pas dan disuruh ke bagian "kehilangan bagasi".. dia masuk ke dalam dan ngecek2, setelah berusaha ngecek dia bilang kopernya ga ada, entah ga keangkut entah nyasar ke pesawat lain.. yang jelas kesalahan ada di bandara asal ya bandara asal --__--

pasport, bording pass dan nomor bagasi saya di fotocopi dan kami diminta untuk isi formulir kehilangan. didalemnya ada nama, jenis koper dll, dan yang penting adalah alamat asal negara dan alamat sementara kita tinggal di negara tersebut/hotel.. harus diisi detail termasuk nomor telepon dan email.. kami diminta untuk tenang dan biar pihak mereka yang urus dan kita dikasih nomor telepon yang bs dihubungi..

saya sempet beli sim card thailand, begitu connect saya langsung telepon teman yang kebetulan juga mau berangkat ke bangkok sore itu..saya minta mereka ngecek dan ini jawaban pihak madala di terminal 3 "teman ibu pasti telat check in, jadi begitu deh bu..nanti saya cek siapa tau ketinggal.." see jawabannya ga enak bgt belom apa2 udah nyalahin =( kalo cek kronologis jelas petugas tersebut sotoy, fitnah bgt.. =(

waktu udah jam 3 sore, perut laper.. stress tapi harus tetep kalem, akhirnya diputuskan untuk ke hotel sambil nyusun strategi selanjutnya. strategi bagaimana bertahan dengan ga bawa baju ganti!!!

sampai grand inn hotel, saya langsung check in dan bilang ke resepsionis kalo saya kehilangan koper dan kasih nomor telepon dan alamat hotel ke pihak bandara kalo sewaktu2 ada berita tentang koper saya.. dan saya minta mereka untuk telepon pihak bandara besok.. pasti akan lebih enak jika sesama orang thai yang ngomong..

selanjutnya saya langsung googling nomor telepon call center mandala,langsung saya telepon dengan trik saya telepon bagian reservasi tiket online karena kalo bagian pertanyaan umum pasti lama angkat.. dan lagi2 disana saya ga dapet jawaban yang menenangkan justru mereka bilang mereka ga bisa bantu =(

call center ga bisa bantu, saya gooling website mandala dan nemu alamat komplain kalo bagasi ilang itupun ternyata alamat email tiger air singapura.. saya tulis detail koper dan penerbangan saya berikut alasan kuat kenapa saya perlu koper tersebut, dan yang penting tanggal sampai kapan kita berada di negara tesebut.. eeehh dodoeee dibales dengan reply otomatis.. makin hopelless

jalan terakhir adalah komplain di twitter, saya langsung tulis unek2 saya dan detail kehilangan.. ga berapa lama langsung dapat DM meminta saya mengirim email detail koper dan penerbangan saya.. tapi setelah saya email lagi2 ga ada balesan..... AAAHHHH harusnya mereka basa-basi gimana gitu bales kalo akan segera ditanggani pasti bikin hati sedikit tenang, alhasil malam pertama di bangkok kepikiran bagasi.. walo coba kalem dan relax tetep aja beda rasanya, ilang bagasi di negara sendiri dengan ilang bagasi di negara orang.. saat perjalanan baru mulai lagi.

2 hari dibangkok kami bener2 harap-harap cemas.. tiap berangkat dan pulang dari jalan selalu minta pihak resepsionis buat telepon bandara dan belum ada kabar jugaa.. namun kegelisahan kami hilang sudah ketika di sore hari di hari ke 2 tanggal 5 juli koper kami udah ada di hoteell.... aaaaahhh parah seneng bgt rasanya, saya langsung bilang terimakasih ke resepsionis yang dengan baik hatinya menelepon pihak bandara, langsung email ke pihak bandara, mandala air dan tiger.. ga lupa ngucapin juga di twitter!! legaaaaa....alhamdulillah banget, emang masih rejeki..

usut punya usut koper saya nyasar ke singapura, kebetulan di tgl 3 juli ada penerbangan ke singapur di jam keberangkatan yang nyaris sama.. dan karena saya langsung email ke pihak bagasi komplain tiger air langsung ditanggapi, ditambah lagi pihak bandara suvarnabhumi bener2 bertanggung jawab..pihak kehilangan pun harus aktif cari barang, seengga berkat email saya ke tiger (walo di bales dengan automatic reply tapi ternyata mereka tanggapi -- berdasarkan laporan dari pihak bandara suvarnabhumi kalo email saya diterima pihak tiger -- )

namun dari kejadian inis saya dan suami belajar iklas.. dan positif thinking!

SEENGGANYA BUKAN PASPORT DAN UANG YANG HILANG DAN YANG PALING PENTING BAYI DALAM KANDUNGAN SEHAT TERUS.. =)

sedikit tips jika kehilangan bagasi di bandara/diluar negeri :
1. cek dan tunggu hingga last bag
2. lapor ke pihak kehilangan bagasi, pasti ada di tiap bandara.. biasanya letaknya dipojok terminal kedatangan (akan diminta isi form kehilangan dll, simpan form tersebut. ada baiknya selalu simpan lembar reservasi hotel/alamat hotel)
3. jika ada langsung ke kantor perwakilan maskapai, terutama maskapai dari indonesia semua masalah bagasi menjadi tanggung jawab maskapai (beda sama bandara2 luar yang semuanya diurus petugas bandara)
4. telepon call center maskapai/email
5. DAN YANG PALING AMPUH CURHAT DI TWITTER.. karena ruang publik pasti lebih cepat ditanggapi!!
6. kasih nama atau ciri unik dari koper agar mudah di identifikasi
7. pisahkan barang penting dan buat jaga simpan 1 stel pakaian di tas yang masuk kabin untuk kemungkinan terburuk kalo terjadi hal kayak saya..

yang jelas dari kejadian ini saya dibuat kangen saya backpack saya.. hehehehe

1. Wah untung berakhir manis. Pas awal-awal baca Mandala udah kesannya negatif ajaaa gitu :)

Apalagi nyebut-nyebut twitter karena sepengalamanku dulu twitter mereka gak aktif. Syukurlah Mandala sudah memperbaiki kualitas layanan :)

Balasan
    1. iya alhamdulillah masih rejeki tuh koper..semoga mandala tiger air makin bagus lagi pelayanannya.. dan ga ada yang nasibnya sama kayak saya =)

Hapus
    2. bu, akun twitternya Tiger apa ya? saya cari tapi kok banyak bener :|

Postingan populer dari blog ini

FINALLY.. COLDPLAY CONCERT!!!!

akhirnya bisa nonton coldplay konser secara langsung tanpa youtube!! Jumat, 31 Maret 2017 menjadi salah satu hari special dalam hidup saya.. akhirnya saya bisa penuhi salah satu impian saya yaitu NONTON KONSER COLDPLAY secara langsung!!! AAAHHHH GILAA, AMAZINGLAAAH rasanya... bener-bener sesuai harga dan perjuangan untuk bisa dapat tiket konser ini. XXXX saya dapet tiketnya sejak bulan november, 2 kali online ga juga dapet tiket. akhirnya nyerah dan nitip temen baik yaitu kak chris yang sama-sama berjuang! dan voilaaa.. dapet deh tiket 1 tiket untuk petunjukan tambahan di singapore di tanggal 31 maret 2017 yang justru menjadi pertunjukkan pertama mereka di asia. tiket kelas CAT 2 seharga S$ 168 atau 1,6jt.. hehehe agak gila sih saya rela bobol tabungan ke jepang. setelah tiket didapat PRnya lagi tiket pesawat ke singapura, otomatis ditanggal itu pasti jadi mahal banget. tiap hari pantengin traveloka, harga tiket air asia/jet star yang bisanya murah meriah mendadak

SELAMAT TINGGAL LABUAN BAJO.. WELCOME TO BALI

MINGGU, 1 MEI 2016 rencana tak terduga. ini ga sesuai rencana.. jadilah kami mampir ke bali.. padahal sempet lho sesumbar buat ga ke bali hehehe sebelum meninggalkan labuan bajo saya bangun pagi dan "dapet tamu bulanan" untung dapetnya sekarang coba dapetnya pas ketemu komodo ga kebayang horornya.. selesai mandi, saya menyusuri jalanan labuan bajo yang udah mulai ramai menuju pasar dan pelabuhan.. seru banget liat aktifitas masyarakatnya, setelah beli kopi buat oleh-oleh di pasar swalayan lanjut cari sarapan nasi berupa nasi kuning depan polsek labuan seharga 10.000.  kembali ke penginapan, rhena bangun dan ngajak beli sarapan lagi.. roti gratis dari penginapan ga nampol buat perut saya. jam 10 pagi check out dan ngojek menuju bandara, kali ini kami naik kalstar buat menuju denpasar.. jam 1 siang kami sampai di denpasar.. pesen gojek untuk menuju hotel SENSE di sunset road seminyak yang kami booking melalui booking.com, dapet harga bagus.. hotel bintang 4 cu

TRAVELING (ALA RANGGA) DI LABUAN BAJO DAY 2

DAY 2, JUMAT 29 APRIL2016 mari bangun pagi dan mulailah pelayaran hehehe.. sebelum check out sarapan dulu, sarapannya oke bgt.. dilayani dengan baik. tersedia teh dan kopi, roti plus pancake setelah check out langsung menuju kantor tur, disana udah ada 2 bule yang nantinya akan jadi teman penjelajahan.. oiya disini titip dulu barang-barang yang (sepertinya) ga dibutuhin di kapal ditengah jalan mau di pelabuhan ada lagi 2 bule yang gabung jadi total ada 7 orang  + 2 crew kapal langsung berkenalan ada sang nahkoda pak ahmad, fian sang juru masak, pasangan dari belanda renata dan cowonya (lupa namanya), suami - istri yang lagi honeymoon federica (italy) dan benny (jerman) dan kakek2 dari rusia kalo begini jadi inget suami dirumah.. hehehe kapal berukuran sedang dengan 1 kamar dan dek atas.. setelah basa-basi berkenalan kami semua sibuk sendiri menikmati pelayaran pasangan italy jerman cukup cool untuk tidak pamer kemesraan tapi pasangan belanda PDA all the time..  nain ma