Langsung ke konten utama

DISKRIMINASI di budget terminal changi airport!!

ini bagian dari cerita kecil dari jalan-jalan KL-MELAKA-SG

ada hal yang selalu di ingatkan oleh teman2 saya ttg perjalanan kedua negara tersebut, berhati-hatinya dengan salah satu etnis disana..krn citra etnis tersebut kurang baik terutama untuk orang indonesia padahal tidak semua etnis tersebut buruk, banyak kok yang baik-baik hanya saja gara-gara sedikit dari mereka akhirnya dicap negatif! sampai dengan akhir perjalanan semua berjalan lancar, etnis tersebut bahkan sangat bersahabat di melaka. kejadian terjadi saat saya mau pulang ke jakarta dari singapura ...

diskriminasi mulai terasa saat saya sampai di budget terminal changi karena saya pulang ke jakarta menggunakan macan terbang. barang bawaan saya backpack ukuran 30L berat 7 kg passs + backpack kecil dan teman saya membawa koper 2 besar, 1 koper ukuran kabin sedangkan koper besar hasil beli di mustafa isinya hanya 1/2. koper besar masuk ke bagasi dengan total berat 16kg dari maksimum bagasi 20kg. setelah selesai check in saya masuk ke area boarding naaaah disinilah cerita dimulai.. begitu masuk area saya dan teman saya langsung diminta lewat jalur khusus dimana barang bawaan HARUS ditimbang. saya merasa ada diskriminasi, bule-bule dengan backpack dan koper yang lebih besar dari yang kami bawa lolos begitu saja ditambah disenyumin dengan ramah, tapi begitu orang indonesia seperti saya langsung dengan ketus harus lewat jalur khusus.

awalnya saya mengerti prosedur tersebut, tanpa memusingkan kejadian awal saya nyantai aja. waktu barang ditimbang, saya yakin lolos pemeriksaan karena backpack saya sudah ditimbang dan pas 7 kg dan backpack kecil saya ada kamera SLR yang juga diberi kemakluman. tapi tidak dengan teman saya, koper kabinnya dipermasalahkan hanya karena lewat 0,3 kg dan minta membayar kelebihan seharga 1kg 20$. bukannya ga sanggup bayar (tapi sayang aja 20$ untuk 0,3 kg) tapi rasanya masih wajar bila lewat sedikit..setelah dikompromi dan bilang kami punya 4 kg dan kami bilang siap bongkar barang akhirnya lolos juga..

kejadian berikutnya saat antri naik pesawat, giliran saya yang kena..tiba2 ada ibu2 etnis tersebut teriak dan memukul pundak saya..sumpah kenceng mukulnya..otomatis saya teriak balik "what wrong?" - dijawab "what is that?" sambil menunjuk backpack saya yang saya beri rain cover.. "baby?!" lanjutnya..otomatis saya jawab "please check, its backpack" sambil dicengirin orang2 disekitarnya dan petugas tersebut sama sekali ga bilang MAAF/SORRY..saat saya dia lewat depan saya bicara pelan "you hurt me-you hit me" saya yakin dia denger dan pura2 ga liat saya....kapok naik dari budget terminal, tapi ga papa itung2 pengalaman berharga =)

ternyata ga cuma saya aja..temen2 saya kebanyakan juga terkena hal tersebut --____--!!

1. Bener banget.. saia kena pas di changi bagasi karena ada bungkusan yg di gak kebaca discan..stelah dibongkar sama orang INDIA..ga dirapiin dan minta maaf uda bongkar..cuman bilang next..akhirnya saia bilang.. thank you for crowded my bag..

Balasan
    1. iya parah emang ren, jadi agak males naik mandala/tiger ya, kesel..ini juga pernah di muat di detik travel lho..hehehe *promosi

Hapus

Postingan populer dari blog ini

FINALLY.. COLDPLAY CONCERT!!!!

akhirnya bisa nonton coldplay konser secara langsung tanpa youtube!! Jumat, 31 Maret 2017 menjadi salah satu hari special dalam hidup saya.. akhirnya saya bisa penuhi salah satu impian saya yaitu NONTON KONSER COLDPLAY secara langsung!!! AAAHHHH GILAA, AMAZINGLAAAH rasanya... bener-bener sesuai harga dan perjuangan untuk bisa dapat tiket konser ini. XXXX saya dapet tiketnya sejak bulan november, 2 kali online ga juga dapet tiket. akhirnya nyerah dan nitip temen baik yaitu kak chris yang sama-sama berjuang! dan voilaaa.. dapet deh tiket 1 tiket untuk petunjukan tambahan di singapore di tanggal 31 maret 2017 yang justru menjadi pertunjukkan pertama mereka di asia. tiket kelas CAT 2 seharga S$ 168 atau 1,6jt.. hehehe agak gila sih saya rela bobol tabungan ke jepang. setelah tiket didapat PRnya lagi tiket pesawat ke singapura, otomatis ditanggal itu pasti jadi mahal banget. tiap hari pantengin traveloka, harga tiket air asia/jet star yang bisanya murah meriah mendadak

SELAMAT TINGGAL LABUAN BAJO.. WELCOME TO BALI

MINGGU, 1 MEI 2016 rencana tak terduga. ini ga sesuai rencana.. jadilah kami mampir ke bali.. padahal sempet lho sesumbar buat ga ke bali hehehe sebelum meninggalkan labuan bajo saya bangun pagi dan "dapet tamu bulanan" untung dapetnya sekarang coba dapetnya pas ketemu komodo ga kebayang horornya.. selesai mandi, saya menyusuri jalanan labuan bajo yang udah mulai ramai menuju pasar dan pelabuhan.. seru banget liat aktifitas masyarakatnya, setelah beli kopi buat oleh-oleh di pasar swalayan lanjut cari sarapan nasi berupa nasi kuning depan polsek labuan seharga 10.000.  kembali ke penginapan, rhena bangun dan ngajak beli sarapan lagi.. roti gratis dari penginapan ga nampol buat perut saya. jam 10 pagi check out dan ngojek menuju bandara, kali ini kami naik kalstar buat menuju denpasar.. jam 1 siang kami sampai di denpasar.. pesen gojek untuk menuju hotel SENSE di sunset road seminyak yang kami booking melalui booking.com, dapet harga bagus.. hotel bintang 4 cu

TRAVELING (ALA RANGGA) DI LABUAN BAJO DAY 2

DAY 2, JUMAT 29 APRIL2016 mari bangun pagi dan mulailah pelayaran hehehe.. sebelum check out sarapan dulu, sarapannya oke bgt.. dilayani dengan baik. tersedia teh dan kopi, roti plus pancake setelah check out langsung menuju kantor tur, disana udah ada 2 bule yang nantinya akan jadi teman penjelajahan.. oiya disini titip dulu barang-barang yang (sepertinya) ga dibutuhin di kapal ditengah jalan mau di pelabuhan ada lagi 2 bule yang gabung jadi total ada 7 orang  + 2 crew kapal langsung berkenalan ada sang nahkoda pak ahmad, fian sang juru masak, pasangan dari belanda renata dan cowonya (lupa namanya), suami - istri yang lagi honeymoon federica (italy) dan benny (jerman) dan kakek2 dari rusia kalo begini jadi inget suami dirumah.. hehehe kapal berukuran sedang dengan 1 kamar dan dek atas.. setelah basa-basi berkenalan kami semua sibuk sendiri menikmati pelayaran pasangan italy jerman cukup cool untuk tidak pamer kemesraan tapi pasangan belanda PDA all the time..  nain ma