Langsung ke konten utama

3COUNTRY - 7DAY. part3.

HARI KE-DUA
Kamis, 22 Maret 2012

hari kedua di ho chi minh, SAYA MULAI BETAH-KERASAN-JATUH CINTA SAMA KOTA INI.
plannya hari ini tur 1 hari ke delta sungai mekong. saya sudah booking tur tersebut 1 hari sebelumnya, harga tur 1 day mekong delta 10$ included tranportasi (termasuk dijemput di hostel), makan siang, guide berbahasa inggris. saya pilih tur ke delta sungai mekong karena dari segi harga termasuk murah, lumayankan dapet makan siang dan ga perlu bayar tiket masuk tempat wisata =D. (beda dengan tur ke chu chi tunnel, tur tersebut tidak termasuk makan siang dan tiket masuk, jadi jatuhnya lebih mahal)

jam6 pagi udah mulai siap-siap, karena akan dijemput jam8 pagi. setelah sarapan dan isi air (tetep cari gratisan) saya dan kiki langsung duduk manis di teras penginapan. ternyata dari penginapan banyak juga yang ikutan tur ke delta mekong. nah disinilah mulai dapat kenalan, ada Cate (solo traveler, saya sebut traveler krn dia ga pake bacpack) cewek amerika yang kerja jadi guru bahasa inggris di cina, dan Max (solo backpacker) cowok belanda tapi kerja di jerman yang langsung dekat satu dengan yang lain.

dalam tur ini guide'nya bernama Alex, yang langsung ngenalin saya dan kiki sebagai orang Indonesia (yaiyalaah mukanya Indonesia BANGET) dan langsung suruh saya nyanyi lagu cari jodohnya wali, aaiiihhhh mati ternyata Alex suka sama lagu itu, dia dengar lagu itu dari temannya yang orang bandung -__-.

and 1day tour mekong delta is begins ...

setelah dijemput ke penginapan beramai-ramai menuju meeting point, di pinggir jalan Pham Ngu Lao St. disana sudah ada bis tur yang menunggu, bis sudah lumayan penuh jadi kami ber4 (saya, kiki, cate dan max duduk terpisah). perjalanan menuju mekong delta memerlukan waktu 2jam perjalanan. lumayan bisa tidur dijalan.

ditengah jalan bis tur istirahat sebentar, rest areanya berupa bengkel kerajinan tangan lukisan yang terbuat dari kulit telor. para pengrajin lukisan tersebut adalah para penyandang cacat akibat konflik vietnam. setelah istirahat perjalanan di lanjutkan kembali..

sekitar jam11 sampai di tempat tujuan, tur dimulai dengan jalan-jalan masuk desa dipinggir sungai mekong, bentuknya sama aja kayak desa-desa di indonesia hehe. oleh Alex rombongan dibawa ke sebuah pendopo yang ada banyak meja makan, langsung rombongan disuguhi buah-buah tropis dalam sebuah piring kecil --> ada sawo, mangga, nanas, dan buah naga (haiyaaah ada semua ini di indonesia hehehe). buat bule-bule buah-buah ini amazing bgt, ga ada di eropa sana hehe..

sambil makan buah dan melepas lelah, alex and the band mulai beraksi..nyanyiin lagu-lagu berbahasa vietnam..seruu banget, apalagi pas nyanyiin lagu "HO CHI MINH SAIGON" rombongan ikut nyanyi karena liriknya cuma itu-itu doang hehehe

alex, sang tour guide yang pakai baju merah

setelah dihibur dengan penampilan Alex and the band, rombongan  kembali menyusuri desa, suasana beda banget dengan ho chi minh city ramai, desanya sepi, alat transportasi yang dipake hanya sepeda ontel. sepajang jalan alex menerangkan apa aja yang ada di desa tersebut termasuk pohon nangka yang di foto rame-rame sama bule-bule itu -__-. oiya, karena saya dan kiki berisik ngomongin bule-bule itu ada orang yang tiba-tiba ikut ngomong dalam bahasa Indonesia, kaget bgt ternyata orang tersebut namanya Sandra adalah orang Filipina yang sudah kerja jadi guru di Indonesia selama 10 tahun, jadi paham banget apa yang saya omongin daritadi hahahaha..

setelah menyusuri jalan desa, saatnya naik perahu atau lebih tepatnya sampan, sampan diisi maksimal 4 orang penumpang dan di dayung oleh penduduk lokal...seru rasanya naik sampan kecil, goyang-goyang..adrenalin lumayan meninggi =P. setelah sekitar 15-20 menit di atas sampan, sampan menepi di dermaga pabrik permen kelapa. sesampainya di pabril permen kelapa, rombongan disuguhi minuman air jeruk+madu yang bikin badan anget. setelah istirahat sebentar, rombongan tur diajak melihat proses pembuatan permen kelapa, yang kalo di indonesia semacam dodol. ada hal lucu saat bule-bule itu diliatin oleh Alex cara bikin coconut milk atau santan kelapa, mereka takjub banget, langsung deh saya dan kiki mulai komentar..hahaha
                                                              pabrik permen kelapa

waktu menunjukkan jam setengah 1, perut mulai lapar..saya langsung request ke Alex untuk makan siang saya dan kiki minta halalfood, ternyata ga cuma saya, max dan 2 bule lain juga ikut-ikutan minta makanan halal juga, karena mereka kuatir daging babinya ga fresh hehehe..

tur dilanjutkan dengan kembali jalan ke dermaga buat menyusuri sungai mekong, sungai terbesar-terpanjang di Indocina. kapal yang digunain semacam klotok dan diisi 15 orang. angin sepoi-sepoi bikin saya sempet ketiduran lho di kapal.

setelah kapal menyusuri sungai selama 15 menit, kapal merapat sebuah restoran pinggir sungai. akhirnya, makan siang jugaa.. menu halal untuk makan siang saya adalah telor mata sapi, tahu goreng dan oseng-oseng sawi, dan sop tahu..saya makan semua kecuali sop tahunya, saya ga cocok bgt sama makanan berkuah khas vietnam, rasanya nanggung di lidah saya. setelah makan siang, rombongan kembali ke kapal untuk menuju ke budha temple, tujuan terakhir dalam 1 day tur mekong delta.

budha temple'nya kereeen bgt, ada 2 patung besar budha.. yang bikin saya ga sabar buat hunting foto tapi sayang waktu berkunjungnya sebentar, karena jam 15.30 rombongan harus kembali lagi ke ho chi minh. saya, max dan kiki pulang ke ho chi minh dengan bus yang sama, berpisah dengan cate dan sandra yang masih melanjutkan tur di delta mekong sampai besok.
ini dia kenalan baru saya, dari ka-ki :
miss sandra, cate, (kiki - eka), max

diperjalanan pulang, kiki dapat kenalan baru namanya matthew, cowo inggris..sepanjang jalan kiki sibuk ngobrol sama matt sedangkan saya memilih tidur. jam 5 sore bis sampai di ho chi minh city, naah disini ada incident seru..kiki ilaaaaang!!! saya yang berjalan terlebih dahulu ke penginapan terpisah dengan kiki yang jalan belakangan, selama 20 menit saya dibuat panik, bolak-balik saya keluar masuk penginapan ke depan gang kiki belum muncul juga..kiki paling parah kalo inget jalan, bener-bener bikin saya stres..tapi akhirnya kiki ketemu juga dan berhasil menemukan penginapan kami....fuuuuuuiiiihhh!!

setelah istirahat-mandi-solat magrib, saya dan kiki memutuskan untuk mencari makan malam dan menikmati ho chi minh untuk terakhir kalinya..rasanya berat banget ninggalin kota ini. malam ini kami kembali jalan ke pub streetnya ho chi minh, sambil cari makan malam. kami milih makan di restoran india halalfood, saya order nasi briani ayam dan kiki nasi briani sapi. setelah makan lanjut jalan lagi ke arah ben thanh market, buat nyobain jajanan khas vietnam.. kita pilih makan ketan manis warna-warni, sambil jajan ga lupa hunting foto ben thanh market saat malam hari.

ada hal yang wajib dicoba kalo ke vietnam, apalagi kalo bukan minum kopi vietnam. saya dan kiki memutuskan minum kopi di highland caffe shop, salah satu coffe shop lokal paling terkenal di vietnam yang terletak di Pham Ngu Lao St.. saya sebagai pecinta kopi hitam pilih ice original black coffe dan kiki pilih capucinno. buat harga cukup murah, dengan tempat yang cozy dan wifi lancar, wajib banget ngopi-ngopi cantik disini.sambil menikmati ho chi minh malam, liat lalu lintas yang semrawut, dan bikin plan untuk perjalanan kami besok ke siem riep kamboja.

jam sudah menunjukkan jam 10.45 malam, karena penginapan kami akan off service jam 11.45 malem maka kami putuskan balik ke penginapan, tapi sebelumnya mampir ke cirkle K buat beli bekal buat besok di bis dan beli kopi buat oleh-oleh. sepanjang jalan banyak jajanan khas vietnam, cumi bakar yang sayang sekali saya ga bisa coba karena alergi.

hari yang mantaaap..bikin saya ga mau pulang, pengen balik kesana dan HARUS BALIK LAGI KE SAIGON!!!

PENGELUARAN :
tur 1day delta mekong 10$ x Rp. 9.225 :Rp 92.250
makan malam nasi briani ayam : 60.000 dong
jajan ketan manis warna-warni : 30.000 dong (mahal ya boo..)
ngopi di highland coffe : 29.000 dong
jajan di cirkle K : 45.000 dong
beli oleh-oleh kopi : 39.000 dong
TOTAL : 203.000 dong = 9,8$ x Rp. 9.225 = 90.405 Rp  + Rp. 92.250 = Rp. 182.655

PENGELUARAN HARI KEDUA Rp. 182.700

1. Wahh.. Menyenangkan sekaliiii.. Ditunggu kisah selanjutnya mba.. FYI: saya jadi terinspirasi untuk nyobain hal yg sama.. Mau bikin pasporr ahhh.. :p

2. cara bikin pasport juga saya tulis di blog...siapa tau bisa membantu =)

3. saya mau ke vietnam juga nih :D...tp bingung kalo ke delta mekong pesen turnya dimana ya?

Balasan
    1. hay ade..on the spot aja, beli di hostel biasanya ada penawarannya. 10$ untuk 1day tur, 15-17$ untuk 2days 1night, 20-25$ untuk 3days 2nights. harga beda2 tergantung banyaknya tujuannya..lebih terjamin pesen dihostel krn mereka rata2 kerjasama dengan travel agent besar..

Hapus

Postingan populer dari blog ini

FINALLY.. COLDPLAY CONCERT!!!!

akhirnya bisa nonton coldplay konser secara langsung tanpa youtube!! Jumat, 31 Maret 2017 menjadi salah satu hari special dalam hidup saya.. akhirnya saya bisa penuhi salah satu impian saya yaitu NONTON KONSER COLDPLAY secara langsung!!! AAAHHHH GILAA, AMAZINGLAAAH rasanya... bener-bener sesuai harga dan perjuangan untuk bisa dapat tiket konser ini. XXXX saya dapet tiketnya sejak bulan november, 2 kali online ga juga dapet tiket. akhirnya nyerah dan nitip temen baik yaitu kak chris yang sama-sama berjuang! dan voilaaa.. dapet deh tiket 1 tiket untuk petunjukan tambahan di singapore di tanggal 31 maret 2017 yang justru menjadi pertunjukkan pertama mereka di asia. tiket kelas CAT 2 seharga S$ 168 atau 1,6jt.. hehehe agak gila sih saya rela bobol tabungan ke jepang. setelah tiket didapat PRnya lagi tiket pesawat ke singapura, otomatis ditanggal itu pasti jadi mahal banget. tiap hari pantengin traveloka, harga tiket air asia/jet star yang bisanya murah meriah mendadak

SELAMAT TINGGAL LABUAN BAJO.. WELCOME TO BALI

MINGGU, 1 MEI 2016 rencana tak terduga. ini ga sesuai rencana.. jadilah kami mampir ke bali.. padahal sempet lho sesumbar buat ga ke bali hehehe sebelum meninggalkan labuan bajo saya bangun pagi dan "dapet tamu bulanan" untung dapetnya sekarang coba dapetnya pas ketemu komodo ga kebayang horornya.. selesai mandi, saya menyusuri jalanan labuan bajo yang udah mulai ramai menuju pasar dan pelabuhan.. seru banget liat aktifitas masyarakatnya, setelah beli kopi buat oleh-oleh di pasar swalayan lanjut cari sarapan nasi berupa nasi kuning depan polsek labuan seharga 10.000.  kembali ke penginapan, rhena bangun dan ngajak beli sarapan lagi.. roti gratis dari penginapan ga nampol buat perut saya. jam 10 pagi check out dan ngojek menuju bandara, kali ini kami naik kalstar buat menuju denpasar.. jam 1 siang kami sampai di denpasar.. pesen gojek untuk menuju hotel SENSE di sunset road seminyak yang kami booking melalui booking.com, dapet harga bagus.. hotel bintang 4 cu

TRAVELING (ALA RANGGA) DI LABUAN BAJO DAY 2

DAY 2, JUMAT 29 APRIL2016 mari bangun pagi dan mulailah pelayaran hehehe.. sebelum check out sarapan dulu, sarapannya oke bgt.. dilayani dengan baik. tersedia teh dan kopi, roti plus pancake setelah check out langsung menuju kantor tur, disana udah ada 2 bule yang nantinya akan jadi teman penjelajahan.. oiya disini titip dulu barang-barang yang (sepertinya) ga dibutuhin di kapal ditengah jalan mau di pelabuhan ada lagi 2 bule yang gabung jadi total ada 7 orang  + 2 crew kapal langsung berkenalan ada sang nahkoda pak ahmad, fian sang juru masak, pasangan dari belanda renata dan cowonya (lupa namanya), suami - istri yang lagi honeymoon federica (italy) dan benny (jerman) dan kakek2 dari rusia kalo begini jadi inget suami dirumah.. hehehe kapal berukuran sedang dengan 1 kamar dan dek atas.. setelah basa-basi berkenalan kami semua sibuk sendiri menikmati pelayaran pasangan italy jerman cukup cool untuk tidak pamer kemesraan tapi pasangan belanda PDA all the time..  nain ma